Home / Kabar Pondok / Lomba Menghafal Matan Al-Ajurumiyah

Lomba Menghafal Matan Al-Ajurumiyah

Gunungmadu, Bertepatan pada hari kamis 21 November 2019, alhamdulillah dengan izin Allah Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah telah sukses melangsungkan agenda besar tahunan berupa “Musabaqoh Hifzhil Matan Al-Ajurumiyah”, yaitu lomba menghafalkan matan dari kitab nahwu Al-Ajurumiyah yang diprakasai oleh bagian bahasa.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membekali santri dengan ilmu yang terkandung dalam matan-matan ilmiah yang salah satunya yaitu matan ilmu nahwu dalam kitab Al-Ajurumiyah. Program ini mempunyai nilai positif dalam dunia pembelajaran. Alasannya adalah karena seorang thalibul ilmu itu penting untuk menghafal matan-matan guna meraih kesuksesan dalam belajar sebagaimana yang dikatakan oleh seorang ulama yang berbunyi :

مَنْ حَفِظَ الْمُتُوْنَ حَازَ الْفُنُوْنَ

“Siapa saja yang menghafalkan matan-matan, maka ia akan menguasai ilmu-ilmu yang ada pada matan tersebut.”

Oleh karenanya, acara ini perlombaan ini diadakan dengan tujuan memberikan semangat para santri agar semangat dalam menghafal matan-matan ilmiah sehingga mereka bisa mengambil manfaat dari matan-matan tersebut.

 

Simak video selayang pandang kegiatan santri pada lomba menghafal matan di atas pada link channel YouTube Darusy Syahadah berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=e9mT5Kqburk

Baca Juga

Praktek Pengalaman dan Dakwah Lapangan (PPDL) Kelas Niha’i Darusy Syahadah

Boyolali – Salah satu dari mata rantai program kelas akhir (Niha’i) Pondok Pesantren Islam Darusy ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

+ +