Home / Kabar Pondok / Rihlah Ilmiyah, Rihlah Ukhuwah Fillah, Darusy Syahadah Putri

Rihlah Ilmiyah, Rihlah Ukhuwah Fillah, Darusy Syahadah Putri

Surakarta – Alhamdulillah, Dalam rangka menjalin hubungan baik dengan beberapa lembaga pendidikan pesantren, Pondok Pesantri Islam Darusy Syahadah Putri telah menyelesaikan program studi banding sekaligus rihlah ilmiah dengan pesantren-pesatren modern dan terkenal di daerah Solo raya. Yaitu Pondok Pesantren Islam As-Salam dan Pondok Pesantren Takmirul Islam.

Tujuan dari program ini adalah memberikan gambaran secara real tentang pelaksanaan program pendidikan di pondok tersebut, mempersiapkan santriwati dan memberikan bekal kepada mereka untuk terjun di lapangan, yaitu ketika masa pengabdian selama satu tahun. Selain itu, juga memberikan kaitan antara teori di bangku kelas, menambah wawasan cakrawala secara lebih luas pada bagian-bagian yang digeluti, dicermati di dalam program studi banding tersebut.

Adapun bagian-bagian yang dicermati di dalam program studi banding adalah seperti bagian kesiswaan, bagian kurikulum, bagian tahfizh, wirausaha, ektrakulikuler, laboratorium, bahasa, dan lain sebagainya. Itu semua harapannya mereka mendapatkan wawasan yang lebih jelas tentang bagian-bagian itu sehingga kedepannya mereka lebih siap untuk terjun di lapangan ataupun pondok pesantren secara khususnya.

Nilai lebih dari program ini adalah memberikan kesempatakan kepada santriwati untuk keluar dari Ma’had sejenak untuk kemudian bertemu dengan ikhwah mereka di pondok lain. Maka ini selain rihlah ilmiah, juga rihlah ukhuwah fillah, yaitu mempererat hubungan persaudaraan di antara sesama muslim. Di sisi lain juga untuk mempertajam wawasan mereka tentang apa yang akan mereka nanti terjuni di tugas selama satu tahun untuk mengabdi setelah lulus dari Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah.

Adapun pesan dan kesan yang disampaikan oleh pengasuh pondok pesantren objek dari program studi banding ini di antaranya adalah bisa saling meningkatkan  keilmuan dan keislaman kepada masing-masing pesantren, dan untuk meningkatkan ukhuwah islamiah terutama yang di daerah solo raya, memberikan syi’ar islami yang bisa diterima oleh siapapun. Selain itu, program studi banding ini juga mendapatkan tanggapan positif, di antaranya adalah bahwa para santriwati porgram studi banding, selain kiprahnya sebagai penuntut ilmu tapi juga tidak lupa untuk menampakkan dan mempraktekkan jiwa kepesantrenan seperti adab dan akhlak. Hal ini ditengarangi dengan banyak ramah tamahnya, sopan, mengharagai tuan rumah dengan kondisi seadanya, tawadhu’ dan merendahkan diri. Demikian penuturan menurut pengasuh pihak pesantren tempat studi banding.

 

Simak video kegiatan selengkapnya di channel YouTube Ponpes Darusy Syahadah berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=7y06pSgQxWs&t=76s

Baca Juga

Selayang Kegiatan Awal Tahun Ajaran Baru Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah

Gunungmadu- 1 Juli 2019, adalah tahapan pertama proses pendidikan di pesantren Darusy Syahadah di mulai. ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

+ +