Home / Kabar Pondok / Ujian Tasmi’ Tahfizh 30 Juz Sekali Duduk

Ujian Tasmi’ Tahfizh 30 Juz Sekali Duduk

Blagung – Dengan kebesaran nikmat Allah subhanahu wa ta’ala, alhamdulillah Ma’had Aly Ta’hil Darusy Syahadah Putri Prodi Tahfizh telah menyelesaikan salah satu agenda besar, yaitu tasmi’ hafalan Al-Qur’an tiga puluh  juz sekali duduk. Pada program ini melibatkan mahasantri prodi tahfizh semester lima yang sudah menyelesaikan hafalannya tiga puluh  juz. Dan juga melibatkan prodi tahfizh semester satu dan semester lima untuk menyimak kakak kelasnya.

Program ini bertujuan memberikan motivasi kepada para mahasantri bahwa mereka juga nanti insya Allah akan diuji seperti itu juga. Sebelumnya, para mahasantri ini telah menempuh ujian tahap. Tahap pertama yaitu lima juz, kedua sepuluh juz, tahap ketiga lima belas juz, dan tahap keempat terakhir yaitu tiga puluh juz.

Tujuan pihak pesantren mengadakan program ini adalah agar hafalan mereka tiga puluh juz tersebut teruji, tidak hanyak sebagai identitas gelar saja yang disandang sebagai seorang hafizhah Al-Qur’an, tapi sudah teruji tiga puluh juz maupun di depan santriwati-santriwati yang lain ataupun di depan ustadzahnya. Maka dengan diadakannya program ini kita berharap mendapatkan keberkahan, menjadikan hafalan para mahasantri mutqin, serta mendapat inspirasi dan semangat untuk senantiasa menghafalkan dan menjaga kalam Allah.

Dari hasil wawancara dengan mahasantri setelah menyelesaikan tasmi’ hafalannya tiga puluh juz sekali duduk, mereka menyampaikan bahwa bisa menghafal Al-Qur’an dan menyelesaikannya sampai tiga puluh juz adalah kenikmatan yang luar biasa. Hal itu lantaran melihat betapa besarnya fadhilah menghafal Al-Qur’an, menjadi orang yang mulia di sisi Allah, dan kenikmatan yang luar biasa adalah bisa mempersembahkan mahkota terindah untuk kedua orang tua di akhirat kelak. Motivisi penting yang bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk menghafal secara keseluruhan adalah bahwa menghafal Al-Qu’an itu tidak ada kata sulit, karana Allah subhanahu wa ta’ala telah memberikan janji bahwa barangsiapa yang menghafalkan Al-Qur’an pasti Allah akan mempermudahkan dia untuk mendapatkannya.

Perwakilan dari Wali santri juga menyampaikan puji syukur atas wisuda anak putrinya yang telah menyelesaikan ujian tasmi’ hafalan Al-Qur’an tiga puluh juz sekali duduk. Harapan dari diadakannya program ini semoga bisa mempertahankan hafalan, merealisasi kandungan ayat. Ucapan terima kasih teriringkan kepada semua jajaran pengurus dan yang bersangkutan. Semoga menjadi amal sholih untuk kita semua.

 

Simak video kegiatan selengkapnya di channel YouTube Ponpes Darusy Syahadah berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=THZLPrsJTuY&t=5s

Baca Juga

Selayang Kegiatan Awal Tahun Ajaran Baru Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah

Gunungmadu- 1 Juli 2019, adalah tahapan pertama proses pendidikan di pesantren Darusy Syahadah di mulai. ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

+ +