BerandaKabar PondokMabit Tadarus Al-Qur'an di Ponpes Darusy Syahadah Putri

Mabit Tadarus Al-Qur’an di Ponpes Darusy Syahadah Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ponpes Islam Darusy Syahadah Putri mengadakan mabit untuk pelajar dari sekolah luar yang masuk dalam cakupan wilayah Simo Raya.

Mabit merupakan salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa, dan juga membiasakan fisik untuk beribadah.

Beribadah yang dimaksud di sini adalah shalat tahajud, dzikir, tafakkur, dan tadabbur.

Adapun contoh program mabit adalah shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an, shalat sunah tahajud berjamaah, mempelajari tafsir surah Al-Fatihah, serta belajar Fikih dan Tahsin.

Mabit Tadarus Al-Qur'an di Ponpes Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Siswa peserta mabit yang sedang berkegiatan

Melalui kegiatan tersebut siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketakwaan kepada Allah Ta’ala.

Selain itu, siswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja melainkan juga memiliki peran dan tanggung jawab kepada sesama manusia dan Allah SWT dengan baik.

Hari Sabtu 24 September 2022, acara mabit dibuka dengan sambutan dari Mudir Ponpes Islam Darusy Syahadah, Ustadz Qosdi Ridwanullah.

Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan agar para peserta untuk lebih dekat lagi dengan Al-Qur’an.

Hidup ini yang paling penting adalah dekat Al-Qur’an, karena Al-Qur’an telah memberikan kemuliaan pada kehidupan manusia.

Mabit Tadarus Al-Qur'an di Ponpes Darusy Syahadah Putri
Mabit Tadarus Al-Qur’an di Ponpes Darusy Syahadah Putri

Mabit tadarus Al-Qur’an ini sangat penting seperti yang telah Nabi sabdakan,
“Barang siapa yang berkumpul dengan bertadarus Al-Qur’an maka Allah akan memberikan ketenangan hati, Allah akan memberikan kasih sayang, dikelilingi para malaikat, dan Allah akan sebut mereka di dalam majelis malaikat di Arsy-Nya.” Au kama qala.

Selain itu mabit juga bertujuan sebagai syiar di masyarakat sekitar, mengenalkan Darusy Syahadah, dan menarik perhatian para pelajar luar agar mempunyai pandangan ketika nanti akan masuk ke Pondok Pesantren.

Acara ini terbuka untuk umum yang terdiri dari pelajar, ataupun yang sudah lulus dari SMA sederajat dengan usia minimal yaitu pelajar SMP untuk daerah Simo Raya.

Alhamdulillah, mabit ini sudah terlaksana sejak bulan Agustus kemarin, dan insyaAllah program ini akan menjadi salah satu program rutin dari Ponpes Islam Darusy Syahadah untuk setiap bulannya. (Dewikartika)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img

Memaknai Hakikat Rezeki

Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami