BerandaKabar PondokDSPIZiyaratul Asatidz: Memperkuat Rasa Cinta Kepada Ilmu dan Guru

Ziyaratul Asatidz: Memperkuat Rasa Cinta Kepada Ilmu dan Guru

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Rabu, 20 September 2023 seluruh santriwati dari berbagai unit, termasuk IKM, KMA, KMT, dan DID Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri, berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Ziyaratul Asatidz (Kunjungan Asatidz).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Bag. Nasyat (Bag. Kegiatan) dengan didampingi oleh para musyrifah halaqah (pembimbing kelompok).

Ziyaratul Asatidz dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa kediaman milik Asatidz dan diselingi dengan kegiatan baksos (bakti sosial) membersihkan Masjid.

Sebelum memulai perjalanan dari pondok pada pukul 14.00 WIB, kegiatan diawali dengan breafing dari musyrifah, pengecekan kelengkapan anggota, serta penjelasan tentang adab-adab di perjalanan serta adab bertamu.

Ziyaratul Asatidz: Memperkuat Rasa Cinta Kepada Ilmu dan Guru
Foto Dok. Santriwati berkunjung ke kediaman Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani.

Setelah persiapan selesai, kegiatan dilanjut dengan menegakkan shalat berjamaah di Mushalla Bani Sholeh yang kemudian diteruskan dengan mengunjungi rumah Asatidz sesuai dengan kelompok yang telah ditetapkan.

Ketika tiba di tujuan masing-masing, perwakilan musyrifah menyampaikan tujuan dari kegiatan Ziyaratul Asatidz ini. Selanjutnya, Ustadz sebagai tuan rumah memberikan motivasi (tasyji’) dan nasehat kepada santriwati.

Adapun tujuan dari diadakannya kunjungan Asatidz, warga, dan baksos antara lain:
a. Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Ilmu dan Para Guru
Melalui Ziyaratul Asatidz, diharapkan santriwati dapat mengembangkan rasa cinta dan penghargaan terhadap para guru.

b. Mengenal Perjuangan dan Memperluas Wawasan Ilmu serta Meminta Motivasi
Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan peserta pada perjuangan yang telah dilakukan oleh para asatidz, serta meningkatkan pemahaman mereka dalam ilmu agama. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat memperoleh motivasi untuk terus mengembangkan diri.

c. Menyambung Tali Silaturahmi
Ziyaratul Asatidz juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara santriwati dengan para guru dan warga sekitar.

Ziyaratul Asatidz: Memperkuat Rasa Cinta Kepada Ilmu dan Guru
Foto Dok. Santriwati berkunjung ke kediaman Ustadz Auliya’ Syuhada.

Sedangkan dasar dari kegiatan ini adalah sabda Nabi Muhammad ﷺ yang berbunyi

مَنْ أَجَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ في رِزْقِهِ و أن يُنْسَأَله في أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahmi.” (HR. Bukhari)

Sebagai tambahan, terdapat hadits lain yang mengingatkan kita untuk menyebarkan salam, memberi makan kepada yang membutuhkan, dan menjaga hubungan keluarga

يَاأَيُّهَاالنَّاسُ أَفْشُواالسَّلاَم, وأَطْعِمُوْا الطَّعَام, وصِلُوا الأَرْحَام, وصَلُّوْا باِلَّيْلِ والناس نيامُ تَدْخُلُواالجنةِ بسلامِ

Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan Ziyaratul Asatidz berjalan dengan lancar, dan pada pukul 17.00 WIB, seluruh santriwati serentak kembali ke Pesantren. Semoga Allah ﷻ senantiasa meridhai dan memberikan kemudahan serta keistiqamahan kepada para penuntut ilmu.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami