BerandaKabar PondokMADS Putri Adakan Lomba Baca Kitab Turats

MADS Putri Adakan Lomba Baca Kitab Turats

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ahad, 12 Februari 2023 Divisi bahasa BEM Ma’had Aly Darusy Syahadah mengadakan acara “Musabaqah Qiraatul Kitab” atau lomba baca kitab.

Acara ini merupakan perlombaan membaca dan memahami turats atau kitab berbahasa Arab karya para ulama.

Adapun aspek yang dinilai dalam perlombaan tersebut adalah penerapan qawaidul lughah (kaidah tata bahasa Arab yang mencakup ilmu nahwu dan sharaf) serta pemahaman terhadap teks yang dibaca.

Musabaqah atau perlombaan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan para mahasantri terhadap kitab klasik serta meningkatkan kemampuan mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu syar’i dari kitab tersebut.

Bukan itu saja, dengan adanya musabaqoh diharapkan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader ulama dan tokoh masyarakat di masa depan bisa lebih meningkat.

Musabaqah dibagi menjadi dua babak perlombaan, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2023 dengan peserta seluruh mahasantri.

Perlombaan Baca Kitab MADS Putri
Foto Dok. Suasana Musabaqah Qiraatul Kitab.

Pada babak ini, sebanyak enam mahasantri bisa lolos untuk mengikuti babak final yang diselenggarakan pada hari Ahad, 12 Februari 2023 dengan disaksikan oleh seluruh mahasantri dan jajaran Ustadzah.

Pada babak final, peserta membaca kitab turats dengan bab yang telah ditentukan. Mahasantri kemudian diberikan pertanyaan terkait qawaidul lughah dan menerjemah ataupun menjelaskan isi teks yang telah dibaca.

Adapun kitab yang diujikan adalah “Nailur Raja–Syarh Matan Safinatunnajah“ dengan materi mulai dari bab awal sampai kitab al-janaiz.

Panitia menghadirkan dua juri yaitu Ustadz M. Aidil Akbar, Lc. selaku juri qawaidul lughah dan Ustadz Abdurrahman Syafi’ie, Lc. selaku juri fahmun nash (pemahaman dari teks yang dibaca).

Perlombaan Baca Kitab MADS Putri
Foto Dok. Dewan juri lomba baca kitab.

Masing-masing juri diberikan durasi waktu 10 menit untuk menguji peserta. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Jurusan Ustadz Ammar Fathul Mujib kemudian dilanjut acara inti yaitu lomba.

Para peserta diminta untuk mengambil nomor urut maju. Selanjutnya peserta yang mendapat giliran maju dipersilahkan untuk memilih nomor yang berisi soal.

Setelah seluruh peserta menyelesaikan soal, moderator memberikan kesempatan kepada para juri untuk menjelaskan jawaban benar dari soal yang telah dijawab peserta. Acara diakhiri pada pukul 11.30 dengan 3 juara utama dan 3 juara favorit.

Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan juara utama yaitu:

1. Fathimah, mahasantri semester VI prodi MATQ asal Sukoharjo
2. A’yun Muthmainnah, mahasantri semester IV prodi MATM asal Boyolali
3. Daniza Fauziyah, mahasantri semester IV prodi MATQ asal Klaten

Perlombaan Baca Kitab MADS Putri
Foto Dok. Juara lomba baca kitab berfoto bersama Ustadzah.

Semoga dengan terlaksananya acara ini dapat menambah semangat mahasantri untuk berbahasa Arab dengan baik dan mencintai kitab turats. Amin.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami