BerandaKabar PondokTes Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru MADS 2024/2025

Tes Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru MADS 2024/2025

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-18 Januari 2024 Ma’had Aly Darusy Syahadah telah sukses menyelenggarakan tes seleksi penerimaan mahasantri baru gelombang pertama untuk tahun akademik 2024/2025.

Proses seleksi berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 14 hingga 16 Januari 2024, menghadapkan para calon mahasantri dengan berbagai tes yang mencakup aspek bahasa Arab, tsaqafah Islamiyah, wawancara bahasa Arab (qawaid dan qira’ah), tahsin, tahfidz, dan psikotes.

Calon mahasantri baru menghadapi ujian tulis bahasa Arab dan tsaqafah Islamiyah sebagai tahap awal seleksi. Ujian ini bertujuan untuk menilai pemahaman dan kemampuan mereka dalam bahasa Arab serta pengetahuan dasar Islam.

Tes Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru MADS 2024/2025
Foto Dok. Ujian berupa tes tulis dan tes lisan.

Langkah selanjutnya adalah tes wawancara bahasa Arab yang mencakup qawaid dan qira’ah, serta evaluasi tahsin dan tahfidz, untuk mengukur kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran.

Sesi terakhir tes seleksi melibatkan psikotes bagi calon wali mahasantri baru dan calon mahasantri baru.

Tes Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru MADS 2024/2025
Foto Dok. Selain mahasantri, orang tua calon peserta didik juga turut untuk mengikuti psikotes.

Psikotes dirancang untuk menilai aspek psikologis dan kepribadian mereka, sehingga memastikan bahwa mereka memiliki kematangan emosional dan mental yang dibutuhkan dalam lingkungan ma’had.

Bagi calon mahasantri yang berhasil dan memperoleh nilai sesuai dengan rata-rata yang ditentukan, mereka akan dinyatakan lulus ujian dan secara resmi terdaftar sebagai mahasantri baru untuk tahun akademik 2024/2025.

Foto Dok. Suasana ujian seleksi mahasantri baru di Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri.

Pengumuman hasil tes gelombang pertama akan disampaikan melalui situs resmi penerimaan mahasantri baru Ma’had Aly Darusy Syahadah di pmb.darsya.com pada tanggal 28 Januari 2024.

Dengan suksesnya gelar tes seleksi ini, Ma’had Aly Darusy Syahadah akan terus berkomitmen dalam mencetak generasi mahasantri yang berkualitas dan siap mengemban peran penting dalam pembangunan masyarakat melalui pendidikan Islam yang holistik. (Reporter: Dimas)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami