Mahasiswa UNIDA Melakukan Studi Akademik di Unit Syu’bah Ta’shil Ilmi Ponpes Darusy Syahadah

0
Mahasiswa UNIDA Melakukan Studi Akademik di Unit Syu’bah Ta’shil Ilmi Ponpes Darusy Syahadah
Kunjungan Akademik Mahasiswa UNIDA

darusyahadah.com – Tanggal 1 Februari 2022 Pondok Pesantren Darusy Syahadah terkhusus unit STI (Syu’bah Ta’shil Ilmi) kedatangan tamu dari mahasiswa semester 2 Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor.

Diawali dengan perkenalan dari Mahasiswa UNIDA, serta penyampaian maksud dan tujuan kedatangan mereka pada acara Studi Akademik tersebut.

Disambut oleh Ust. Sudarisman Ahmad, Lc., MA. selaku Kepala Bagian Unit Syu’bah Ta’shil Ilmi serta beberapa Staf pengajar.

Kunjungan Akademik Mahasiswa UNIDA
Sambutan oleh Ustadz Sudarisman

Kunjungan mahasiswa UNIDA ke STI Ponpes Darusy Syahadah adalah untuk bersilaturahmi dan menggali informasi mengenai bagaimana Sistem Pengajaran Bahasa Arab yang diterapkan.

Ust. Sudarisman Ahmad, Lc., MA. menyampaikan tentang bagaimana kedudukan bahasa Arab di dalam ilmu agama dan bagaimana sistem pengajaran tersebut diterapkan.

Beliau juga menjelaskan apa saja tahapan-tahapan kitab yang diajarkan di unit STI terkait bahasa Arab. Mulai dari kebahasaan itu sendiri, tashrif, sharaf, nahwu, dan balaghah.

Kunjungan Akademik Mahasiswa UNIDA
Peserta antusias mengikuti acara

Pemaparan manajemen pengajaran berlangsung dengan khidmat. Ditambah beberapa sesi tanya jawab dari mahasiswa UNIDA dan ditanggapi oleh staf pengajar Unit STI Ponpes Darusy Syahadah.

Sebagai pelengkap, acara sharing tersebut diselingi dengan beberapa simulasi tes yang diujikan oleh Guru Pembimbing Unit STI kepada perwakilan santri dari masing-masing tingkatan.

Di antara soal yang diujikan adalah contoh kedudukan kata dalam kalimat (i’rab), bangunan kata (shighah dalam sharaf), mufrad dan jamak dalam suatu isim, dan pertanyaan pelajaran lainnya.

Alhamdulillah para santri dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diujikan dengan sangat baik.

Kunjungan Akademik Mahasiswa UNIDA
Sesi Tanya Jawab

Dosen pendamping mahasiswa UNIDA menyampaikan ucapan terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang diberikan.

Harapannya, semua itu dapat menjadi referensi para mahasiswa dalam mengaplikasikan ke lembaga pendidikan berbasis pesantren yang nantinya akan dibina. (Abu Shafura)

Kabar Pondok : Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Mahasantri

Tidak ada kiriman yang ditampilkan

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami