BerandaKabar PondokDSPASemangat Belajar Usai Libur Panjang

Semangat Belajar Usai Libur Panjang

- Advertisement -spot_img

Semangat Belajar Usai Libur Panjang

Liburan, bagi santri menjadi momen yang sangat dinanti setiap tahunnya. Apalagi libur Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri, keduanya seperti oasis di tengah gurun padang pasir nan gersang.

Proses belajar untuk menuntut ilmu layaknya seorang musafir yang sedang mengembara. Ia memiliki tujuan besar untuk digapai yang karenanya perjalanan dan pengembaraan dilakukan.

Seorang yang melakukan safar jarak jauh sudah pasti butuh tempat singgah untuk beristirahat dan mengembalikan kebugaran diri. Nah, bagi pengembara gurun padang pasir tempat singgah ternyaman salah satunya adalah oasis. Di situlah air didapat dan dahaga terobati. Letih pun bisa sedikit hilang dengan rindangnya pepohonan yang menaungi.

Maka, liburan bagi santri juga memiliki fungsi yang sama dengan oasis. Tempat mengobati dahaga rindu dan letih setelah tertatih menuntut ilmu. Belajar tanpa libur, ibarat perjalanan tanpa istirahat. Sebaliknya, libur tanpa belajar seperti orang yang memiliki tujuan tapi hanya rebahan. Tak mungkin sampai tujuan.

Semangat Belajar Usai Libur Panjang
Foto Dok. Belajar usai liburan

Tak terasa, libur lebaran telah usai. Santri kini kembali pada rutinitas sehari-hari, mendaras ilmu syar’i untuk bekal menghadap Sang Ilahi. Liburan yang telah dilalui semoga menjadi oasis bagi jiwa dan raga agar lebih bersemangat lagi dalam belajar. Meskipun berjalan setelah beristirahat biasanya akan terasa sedikit berat, ada satu hal yang bisa mengalahkannya yaitu dengan memulai.

Memulai kembali aktifitas setelah sejenak istirahat diharapkan bisa segera mengembalikan ‘ruh’ sehingga rutinitas kegiatan segera berjalan sebagaimana mestinya. Tentu dengan semangat dan dengan daya juang yang bertambah usai bertemu keluarga dan Ayah Bunda.

Semangat Belajar Usai Libur Panjang
Foto Dok. Santri menyimak penjelasan Ustadz

Tertanggal hari ini, 18 Mei 2022, kegiatan belajar mengajar perdana pasca liburan santri telah dimulai. Usai berlibur satu bulan penuh. Oasis telah dilewati dan perjalanan pun kembali dimulai.

Juga kurang lebih 10 hari lagi, para santri (khususnya adik kelas) akan menghadapi Ujian Semester Genap 2021-2022. Oleh karena itu kami memohon doa dan restu dari Bapak/Ibu/Wali Santri dan seluruh kaum muslimin; mudah-mudahan perjalanan PP. Darusy Syahadah dalam mendidik generasi yang ‘alim muttaqi berjalan dengan lancar dan diridhai Allah Ta’ala. 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami