BerandaKabar PondokKegiatan Perdana Raudhatul Hafidzat Darusy Syahadah Putri

Kegiatan Perdana Raudhatul Hafidzat Darusy Syahadah Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Senin, 22 Agustus 2022 Santriwati yang Mengikuti Program Raudhatul Hafidzat Perdana Adakan Halaqah Bersama Musyrifah.

Raudhatul Hafidzat atau sering disebut dengan RH adalah program bagi santriwati yang telah memiliki hafalan lebih dari batas minimal yang ditetapkan oleh pondok.

Tujuan dari program ini adalah agar santriwati tetap bisa menjaga hafalannya dengan murajaah maupun menambah hafalan.

Seleksi penerimaan Raudhatul Hafidzat adalah santriwati yang sudah mendaftar dan menyetorkan Juz targetan pondok yaitu untuk KMA 4 Juz, dan DID 2 Juz sekali duduk serta dinyatakan lulus ujian.

Untuk tahun ini anggota RH berjumlah 35 santriwati yang kemudian dibagi ke dalam 7 kelompok dengan masing-masing beranggotakan 5 santriwati dan satu musyrifah.

Kegiatan ini dilakukan setelah shalat Subuh sampai pukul 06.00 pagi yang bertempat di depan kantor Ustadzah.

Dalam durasi waktu tersebut, setiap santriwati mempunyai kewajiban untuk menyetorkan hafalan ziyadah (tambahan) sesuai kemampuan masing-masing.

Selain itu, waktu tersebut juga dimanfaatkan untuk menyetorkan murajaah-nya (hafalan ulang) dengan ketentuan minimal seperempat Juz yang sudah dihafal.

Selain waktu formal di atas, program RH juga melangsungkan kegiatannya di waktu-waktu longgar lain dan sesuai kesediaan musyrifah masing-masing.

Seperti di waktu sore saat kegiatan pada umumnya adalah kegiatan pribadi masing-masing.

Perdana Halaqah Raudhatul Hafidzat Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Kegiatan RH di sore hari menjelang waktu Maghrib

Bila tidak ada jadwal agenda yang ditentukan Pesantren, maka waktu tersebut bisa digunakan untuk halaqah tahfidz.

Pesarta dari program ini terdiri santriwati unit KMA dan 2 DID yang mana mereka sudah mempunyai bekal hafalan di pondok jenjang sebelumnya.

Namun, ada juga yang peserta yang memang berminat untuk menambah hafalan melalui program ini meskipun tidak pernah atau belum punya bekal banyak hafalannya.

Untuk menambah semangat hafalan sekaligus memotivasi semua peserta, program RH juga mengadakan tasmi’ (menyimak hafalan) sekali duduk bagi santriwati yang telah selesai menambah hafalan 5 Juz.

Selain itu, untuk memantapkan hafalan dan mengasah kemampuan peserta, program ini mengadakan ujian yang terdiri dari tiga tahapan.

Yaitu mulai dari 5 Juz, setelah itu baru kemudian 15 Juz, hingga sampai pada tahapan ujian 30 Juz untuk santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Syarat utama untuk mengikuti program ini adalah komitmen dengan menjaga atau menambah hafalan dan mengikuti program ini sampai akhir tahun pelajaran.

Bagi santriwati kelas akhir yang mengikuti program ini sampai selesai maka akan diberikan sertifikat penghargaan sebagai bukti telah mengikuti program Raudhatul Hafidzat yang di dalamnya terdapat nama, nama Ayah, asal, dan jumlah hafalan yang telah disetorkan.

Musyrifah pengampu program ini yaitu para alumni RH disyaratkan harus memiliki hafalan minimal 10 Juz.

Semoga dengan bergulirnya program ini, Darusy Syahadah Putri bisa mencetak kader-kader hafidzat yang senantiasa menyuarakan dan menjaga pesan-pesan Ilahi. (Dewikartika).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami