BerandaKabar PondokSparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam

Sparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Hari Senin, 21 November 2022 santri mengikuti acara Sparring Partner English Club bersama tim English Club Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Sukoharjo.

Beberapa Asatidzah dan perwakilan santri English Club Ponpes Assalam mengadakan kunjungan ke Darusy Syahadah dengan agenda Sparring Partner English Club.

Pada pukul 14:00 WIB Asatidzah dan santri Assalam sampai di Ponpes Darusy Syahadah dengan menggunakan 2 bus, satu bus santriwan dan satu bus santriwati.

Acara dilaksanakan di Qo’ah Ijtima’ dengan diawali kata sambutan dari Ustadz Zaid Abdul Lathif sebagai kepala sekolah Darusy Syahadah.

Sparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam
Foto Dok. Santri Darusy Syahadah dan Asssalaam di Qo’ah Ijtima’

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ustadz Sukarno selaku perwakilan dari Ponpes Modern Assalaam.

Ustadz Muhammad Kholis menjelaskan bahwa sparring partner English club merupakan sarana silaturahmi dan latihan berbahasa Inggris bersama.

Sambil menunggu waktu shalat Ashar tiba, para santri dipersilakan untuk saling mengobrol menggunakan bahasa Inggris.

Setiba waktu Ashar dan setelah tunai menegakkan shalat, Ustadz Ahmad Muqorrobin membimbing berjalannya sparring partner.

Pada acara tersebut, dipilih lima santri dari masing-masing pondok untuk menjadi partner berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Lima pasangan tersebut kemudian diberi tema masing-masing, yaitu seputar piala dunia, handphone, program pondok, makanan di pondok, dan hobi.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan berkeliling lingkungan pondok. Salah satu tempat yang didatangi adalah peternakan.

Di sana santri dipersilakan untuk meminum susu kambing murni yang saat itu juga baru diperah. Tentu selama perjalanan berkeliling semua pembicaraan menggunakan bahasa Inggris.

Sparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam
Foto Dok. Santri berkeliling di lingkungan Pondok Darusy Syahadah Putra.

Tidak hanya di pondok putra, kegiatan serupa juga diadakan di pondok putri Darusy Syahadah.

Bertempat di Joglo Ustadz Mustaqim Safar, acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ustadz Irfan Zain Nury selaku kepala sekolah Darusy Syahadah Putri.

Beliau menyampaikan perasaan senang dan bangga dengan diadakannya program tersebut di tahun ini.

Yaitu program English Partner atau English Club antara Pesantren Assalaam dan Pesantren Darusy Syahadah.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan melatih mental anak didik agar siap menjadi dai di masyarakatnya.

Bahasa Inggris menjadi penting untuk dipelajari bahkan dikuasai karena karena bahasa ini merupakan bahasa yang disepakati Internasional.

Kita harus berusaha menguasai bahasa Inggris agar mampu turut andil dalam menyebarkan kebaikan secara global.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari perwakilan Ponpes Modern Assalaam yang mengucapkan tasa terima kasih kepada Ponpes Islam Darusy Syahadah yang telah menerima dan menyambut untuk belajar bersama di Ma’had.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ustadzah Rezki Mei Andini selaku musyrifah (pembimbing) dari English Club Ponpes Islam Darusy Syahadah Putri.

Sparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam
Foto Dok. Ustadz Irfan menyampaikan sambutan.

Beliau mengatakan bahwa program tersebut dibuat dalam rangka menunjukkan dan memberikan motivasi kepada seluruh santri agar lebih giat belajar dan mempraktekkan bahasa Inggris (selain Bahasa Arab) dalam komunikasi sehari-hari terkhusus di lingkungan pondok pesantren.

Demi menunjunjang program tersebut Ustadzah juga menyampaikan telah membuat beberapa video percakapan tentang daerah atau tempat sekitar.

Seperti bagaimana mengatakan sesuatu yang terjadi di kelas, masjid, perpustakaan, halaman sekolah, kamar mandi atau kamar tidur, dan tempat-tempat lain di Pesantren.

Seusai mendengarkan sambutan, sembari menunggu waktu shalat Ashar tiba acara diisi dengan melihat video yang diproduksi oleh English Club Darusy Syahadah Putri.

Setelah selesai melaksanakan shalat Ashar, kegiatan selanjutnya adalah English Partner bersama santriwati Assalaam.

Sparring Partner English Club Bersama Ponpes Assalaam
Foto Dok. Santriwati Darusy Syahadah dan Assalaam di Joglo.

Acara bertajuk “Mereka Bertanya dan Kami Menjawab” dengan menggunakan bahasa Inggri. Adapun tema yang dibicarakan adalah seputar

1. Daily Activities.
2. Worship Around Masjid.
3. Dormitory.
4. Unit Of School.
5. Extracullicular.
6. Memorizing Al Qur’an Class.
7. Student Organization.
8. Speech Contest.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan percakapan bebas antara santriwati Ponpes Islam Darusy Syahadah dan Ponpes Modern Assalaam.

Terakhir, santriwati Ponpes Assalaam di ajak berkeliling lingkungan pondok dan sebelum pulang diadakan foto bersama di depan taman Darusy Syahadah untuk santriwan dan depan Joglo untuk santriwati.

Semoga acara ini bisa mempererat ukhuwah antar pesantren dan meningkatkan kualitas berbahasa Inggris yang nantinya dapat bermanfaat bagi umat di akhir zaman ini.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami