Beranda Kabar Pondok DSPI Program PPNI: Santriwati DS Kunjungi Ponpes Baitul Qur’an

Program PPNI: Santriwati DS Kunjungi Ponpes Baitul Qur’an

0
Program PPNI: Santriwati DS Kunjungi Ponpes Baitul Qur’an
Foto Dok. Serah terima kenang-kenangan dari kedua belah pihak.

Darusy Syahadah-Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri, bi idznillah, telah sukses melaksanakan salah satu program PPNI (Pantia Program Nihai) yaitu observasi general pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh kelas 3 unit KMA, KMT, dan kelas 2 DID, melibatkan sebanyak 174 santriwati, yang didampingi oleh para asatidz dan ustadzat.

Observasi dilaksanakan di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Putri Sragen, dimulai dengan briefing bersama Ustadz Qosdi Ridhwanullah selaku Mudir Pondok dan Ustadz Irfan Zain Nury selaku Kepala Sekolah Putri.

Briefing diadakan pada pukul 06.00 WIB untuk memastikan kesiapan santri dan menyampaikan adab-adab bertamu serta safar.

Foto Dok. Kunjungan di Ponpes Baitul Qur’an.

Setelah briefing, semua santriwati dan asatidz serta ustadzat yang telah dibagi menjadi lima kelompok oleh panitia memasuki bus masing-masing dan diabsen untuk mengetahui kelengkapan peserta.

Setiba di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Sragen, rombongan disambut oleh para asatidz BEQI dengan sambutan ramah dan dipersilakan untuk masuk ke Masjid.

Di Ponpes BEQI, kegiatan observasi dimulai dengan pembukaan dan tilawatil Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari Ustadz Imron selaku perwakilan dari Ponpes Darusy Syahadah dan sambutan dari perwakilan Ponpes BEQI.

Selanjutnya, disampaikan perkenalan Pondok dengan menayangkan selayang pandang Ponpes BEQI, diikuti dengan sesi tanya jawab. Terakhir, dilakukan pertukaran hadiah antara pihak Darusy Syahadah dan Baitul Qur’an, serta penutupan acara.

Program PPNI: Santriwati DS Kunjungi Ponpes Baitul Qur'an
Foto Dok. Peserta mencatat setiap penjelasan yang penting.

Setelah observasi, panitia BEQI mempersilakan santriwati Darusy Syahadah untuk mengelilingi pondok dan melakukan sesi tanya jawab terhadap para ustadzaat dan santri BEQI.

Seusai berkeliling, kegiatan dilanjutkan dengan shalat Dzuhur dan makan siang di pendopo, diikuti dengan sesi foto.

Alhamdulillah, rangkaian observasi general telah sukses terlaksana.

Program PPNI: Santriwati DS Kunjungi Ponpes Baitul Qur'an
Foto Dok. Santriwati berkeliling melihat kondisi pesantren.

Akhirnya, semua rombongan pamit dan melakukan refreshing setelah dua program tergulir (Amaliyatu Tadris/Praktek Mengajar dan Observasi General) ke Masjid Madaniyah Karanganyar dan Goro Assalam.

Waktu menunjukkan semakin malam, dan setelah dari Goro Assalam, rombongan melakukan perjalanan pulang ke Pondok Pesantren Darusy Syahadah pada pukul 09.00 WIB.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh gambaran riil tentang suatu lembaga pendidikan di lapangan, melihat langsung praktik pelaksanaan berbagai program kegiatan di suatu lembaga pendidikan, serta mendapatkan pengalaman dari pengelolaan suatu program kegiatan.

Semoga dengan adanya program PPNI ini ukhuwah antara pondok jadi semakin erat dan santriwati bisa memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang berharga. Amin.

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami