BerandaKabar PondokDSPISantriwati Kelas Akhir Ikuti Kompetisi Pidato Bahasa Arab dan Inggris

Santriwati Kelas Akhir Ikuti Kompetisi Pidato Bahasa Arab dan Inggris

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Hari Rabu hingga Kamis, 23-24 November 2022 seluruh santriwati menghadiri acara Ikhtibar Khathabah Akbar atau Kompetisi Pidato Akbar yang diikuti oleh santriwati kelas akhir Unit KMA dan DID.

Ikhtibar Khathabah Akbar merupakan salah satu program wajib di Ponpes Islam Darusy Syahadah Putri yang dilaksanakan setahun sekaliΒ sebagai wadah kompetisi para santriwati dalam bidang pidato.

Tidak hanya sekedar menjadi ajang kompetisi, program ini juga menjadi kelanjutan dari program Mimbariyah yang dilakukan setiap shalat Isya oleh santriwati kelas akhir.

Selain itu juga untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum seluruh santriwati yang nantinya akan terjun dakwah langsung di masyarakat.

Program tersebut adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh santriwati kelas akhir unit KMA dan DID di bawah tanggung jawab PPNI (Panitia Program Nihaiyyah).

Pada kompetisi tersebut, santriwati bebas memilih bahasa yang akan digunakan untuk pidato antara bahasa Arab atau Inggris.

Apabila tidak mengikuti program ini maka santriwati wajib mengikuti di Tahun Ajaran baru dengan ketentuan minimal waktu delapan menit dan maksimal waktu 10 menit.

Setiap sesi istirahat para mustami’ (pendengar) melihat tasliyah (hiburan) yang di tampilkan dari unit IKM, 1, 2 KMA, dan DID.

Ikhtibar Khathabah Akbar pada tahun ini diikuti oleh 113 santriwati dari unit KMA dan 26 santriwati unit DID dengan 117 orang memilih menggunakan bahasa Arab dan 22 oarng dengan bahasa Inggris.

Santriwati Kelas Akhir Ikuti Kompetisi Pidato Bahasa Arab dan Inggris
Foto Dok. Suasana Ikhtibar Khatabah Akbar

Acara ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula dan Math’am Ponpes Islam Darusy Syahadah begitu pula yang menjadi mustami’ dibagi menjadi dua.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 6 sesi yaitu hari Rabu pagi, sore, dan malam serta hari Kamis pagi, siang, dan sore.

Kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan dan pembacaan hasil kompetisi.

Babak penyisihan diambil dari masing-masing juara 1 dari Qo’ah satu (Aula) dan Q’oah dua (Ruang Makan) baik dari bahasa Arab maupun Inggris.

Babak penyisihan dilaksanakan di Aula. Pada babak ini seluruh peserta digabungkan menjadi satu dengan hadirin seluruh santriwati dan Ustadzat.

Peserta terbaik pertama pada setiap cabang bahasa akan kembali diadu pada babak Grand Final untuk memperebutkan juara umum di kompetisi khutbah tahun ini.

Grand Final pidato akbar sangat meriah dan antusias dengan berbagai penampilan pidato yang sangat mengesankan.

Banyak ilmu yang didapat dari pidato akbar yang disampaikan oleh santriwati Ponpes Islam Darusy Syahadah Putri pada sore itu.

Berbagai macam pidato disampaikan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala apa pun.

Santriwati Kelas Akhir Ikuti Kompetisi Pidato Bahasa Arab dan Inggris
Foto Dok. Santriwati juara lomba pidato.

Terakhir adalah pembacaan hasil Ikhtibar Khathabah Akbar pada tahun ini. Berikut nama-nama santriwati yang mendapatkan gelar juara:

Qo’ah 1 (Aula) Pidato Bahasa Arab
1. Malika Shabrina
2. Hilfania Firdaus
3. Habshoh

Qo’ah 2 (Ruang Makan) Pidato Bahasa Arab
1. Syakira Rukna
2. Afitah Aiunurrokhimah
3. Ghina Shabrina

Qo’ah 1 (Aula) Pidato Bahasa Inggris:
1. Aisyah Nayla Syahidah
2. Rayya Dzakiyyah
3. Suci Adelia

Qo’ah 2 (Ruang Makan) Pidato Bahasa Inggris:
1. Ulma Mahdiyya
2. Frasasti Rahma
3. Lu’lu Auliya

Juara umum:
1. Pidato Bahasa Arab: Malika Shabrina
2. Pidato Bahasa Inggris: Ulma Mahdiyya

Harapannya kompetisi Khathabah Akbar ini bisa menjadi pemacu semangat santriwati Ponpes Islam Darusy Syahadah dalam berlatih pidato.

Menjadi yang terbaik dengan tetap menjaga sportivitas, melatih mental, dan selalu mengiringi usahanya dengan doa serta tawakal kepada Allah Ta’ala. (Dewikartika)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami