BerandaKabar PondokSemester IV Prodi Ta’hil Mudarrisat Ikuti Praktik Manasik Haji

Semester IV Prodi Ta’hil Mudarrisat Ikuti Praktik Manasik Haji

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi kuliah Fiqih Ibadah bab Haji, maka mahasantri Semester IV Prodi Ta’hil Mudarrisat mengikuti praktik manasik haji dan umrah pada hari Jum’at, 26 Mei 2023 lalu.

Manasik dilaksanakan di Alaska Edupark, Karanganyar bersama Ustadzah Marati Sholihah, Lc., M.H. selaku dosen pengajar. Mahasantri berangkat kurang lebih pada pukul 07.00 WIB dengan menyewa satu mobil elf.

Sesampainya di sana, mahasantri segera disambut oleh petugas Edupark dan selanjutnya mengikuti arahan dari Pembina. Pembina akan memimpin rombongan manasik terkait rukun-rukun haji dan umrah dari awal sampai akhir.

Semester IV Prodi Ta’hil Mudarrisat Ikuti Praktik Manasik Haji
Foto Dok. Pembina praktik manasik sedang memberikan penjelasan kepada Mahasantri.

Rukun pertama haji yaitu ihram di miqat. Ihram merupakan niat sekaligus awal dari ibadah haji. Pembina mengingatkan kepada rombongan manasik terkait hal-hal yang dilarang ketika sudah berihram.

Manasik dilanjutkan dengan melaksanakan rukun haji setelah ihram yaitu wuquf, thawaf, sa’i, lempar jumrah, tahalul, dan mengerjakan ibadah dengan tertib. Di setiap rukun haji, Pembina memberikan penjelasan terkait materi dengan praktik menggunakan replika yang ada.

Rombongan manasik diberikan waktu untuk istirahat sejenak, untuk kemudian akan melanjutkan lagi mengilustrasikan mabit di Mina. Mabit oleh pembina dimanfaatkan untuk tanya jawab seputar manasik haji yang sedang dilaksanakan.

Semester IV Prodi Ta’hil Mudarrisat Ikuti Praktik Manasik Haji
Foto Dok. Praktik lempar jumrah.

Pembina juga memberikan motivasi kepada rombongan manasik agar tidak putus ikhtiar dan doa sehingga cita-cita berhaji tercapai. Jika belum mampu, minimal dapat melaksanakan ibadah umrah.

Beliau juga berbagi pengalaman hidup tentang keajaiban doa sehingga dapat mengantarkannya ke Baitullah.

Manasik selesai pada pukul 11.00 WIB dan belajar bab Haji terasa lebih mudah karena menggunakan metode pembelajaran praktik dengan wasailul idhah atau alat peraga yang cukup lengkap.

Semoga mahasantri dapat mengambil ilmu serta pengalaman terkait materi haji sehingga menjadi bekal kelak ketika Allah mampukan untuk beribadah ke Baitullah.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami