BerandaKabar PondokDSPA“Bahagia Bersama Alam” Santri Darusy Syahadah

“Bahagia Bersama Alam” Santri Darusy Syahadah

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Seluruh santri selain kelas niha’i mengikuti kegiatan akhir tahun dengan berkemah dan long march sejauh kurang lebih 22 kilometer.

Setelah menjalani ujian kenaikan kelas, Ponpes Darusy Syahadah mengadakan kegiatan akhir tahun berupa outbond dan tadabur alam untuk santri non niha’i pada tanggal 19-21 Juni 2023.

Kegiatan akhir tahun kali ini bertemakan “Bahagia Bersama Alam” yang dimulai dengan apel bersama bagi seluruh peserta pada hari Senin, 19 Juni 2023 di halaman depan kantor Muallimin.

Pada apel tersebut, Ustadz Muqorrobin memberikan sambutan dan semangat kepada para peserta.

Setelah mendengarkan dan meresapi nasehat yang disampaikan, pada pukul 09:00 santri dan Asatidzah pembimbing memulai perjalanan menuju Telaga Dlingo, Gunung Lawu, Karanganyar.

“Bahagia Bersama Alam” Santri Darusy Syahadah
Foto Dok. Santri menempuh perjalanan dengan menggunakan truk.

Perjalanan tersebut ditempuh dengan menggunakan 7 truk untuk santri dan beberapa kendaraan lainnya untuk Asatidzah.

Sekitar pukul 12:00 WIB rombongan sampai di lokasi acara. Oleh sebab sudah memasuki waktu shalat, seluruh peserta dan panitia segera bergegas mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat berjamaah.

Setelah selesai menunaikan shalat, acara selanjutnya adalah mendirikan tenda masing-masing kelompok, makan, dan istirahat. Pada malam harinya diisi dengan teori seputar survival alam dan beberapa game.

Keesokan harinya, yaitu hari Selasa 20 Juni 2023, setelah tunai melaksanakan shalat Subuh dan sarapan pagi hasil dari masakan masing-masing kelompok, acara dilanjutkan dengan outbond bersama Asatidzah.

“Bahagia Bersama Alam” Santri Darusy Syahadah
Foto Dok. Keceriaan santri ketika mengikuti outbond bersama Asatidzah.

Seluruh santri dibagi menjadi 30 kelompok yang masing-masing kelompok ditugaskan untuk melewati sepuluh pos yang telah disiapkan. Di setiap pos terdapat tiga panitia yang akan memberikan game outbond di pos tersebut.

Di siang harinya, dua orang perwakilan dari setiap kelompok melakukan bansos ke kampung sekitar dan sisanya melaksanakan lomba masak memasak sesuai kelompok masing-masing.

Pengumuman juara lomba memasak dan outbond dilangsungkan pada malam hari dengan suasana teduh di bawah langit malam.

Foto Dok. Long March santri.

Lalu pada hari Rabu 21 Juni 2023, setelah berkemas dan sarapan, acara dilanjutkan dengan long march dari Bukit Mongkrang sampai lapangan bola Karang Pandan.

Sesampainya di lapangan Karang Pandan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan truk menuju Pondok Pesantren Darusy Syahadah.

Semoga kegiatan akhir tahun ini bisa merefresh fisik dan pikiran santri dari kepenatan aktivitas pesantren, meningkatkan rasa syukur kepada Allah dengan tadabur alam, dan menjadikan mereka lebih semangat dalam menuntut ilmu.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami