BerandaKabar PondokDSPADinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Pendataan Perpustakaan Milik Pesantren 

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Pendataan Perpustakaan Milik Pesantren 

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Petugas perpustakaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali, Anang Abdul H. melaksanakan pendataan perpustakaan di Pondok Pesantren Darusy Syahadah pada hari Senin, 31 Juli 2023, mulai pukul 13.00 hingga 13.40 WIB.

Kegiatan pendataan perpustakaan berbasis wilayah ini bertujuan untuk menyusun data dan informasi mengenai perpustakaan yang berada di Kabupaten Boyolali.

Dalam kegiatan tersebut, Anang Abdul H. melakukan survey dan wawancara dengan Ustadz Taufiqurrahman selaku penanggung jawab dan pengelola perpustakaan di pondok pesantren Darusy Syahadah.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Pendataan Perpustakaan Milik Pesantren 
Foto Dok. Ustadz Taufiq menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan milik pesantren.

Data yang dikumpulkan meliputi koleksi buku, fasilitas perpustakaan, kegiatan-kegiatan literasi yang diadakan, serta jumlah kunjungan dan peminjaman buku yang dilakukan oleh santri maupun Asatidzah.

Perpustakaan Darusy Syahadah sendiri, telah memiliki ratusan koleksi buku dan kitab berbahasa Indonesia dan Arab. Berbagai kitab serta naskah klasik karya ulama salaf maupun khalaf (kontemporer) tersimpan di rak-rak kayu yang terawat dengan baik.

Perpustakaan merupakan jantung atau fasilitas terpenting bagi proses pendidikan santri di pesantren. Sehingga seluruh perbendaharaan yang ada di dalamnya menjadi rujukan bagi santri untuk mendalami ilmu agama Islam dengan bimbingan para guru.

Adapun pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tersebut merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan secara khusus di pesantren dan secara umum untuk mengenali potensi literasi di masing-masing wilayah Kabupaten Boyolali.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Pendataan Perpustakaan Milik Pesantren 
Foto Dok. Bp. Anang Abdul H. petugas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali.

Dengan data yang sudah terkumpul, diharapkan pemerintah dapat merumuskan strategi dan program yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan memperluas akses terhadap bahan pustaka.

Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga berharap, melalui pendataan perpustakaan berbasis wilayah ini, dapat tercipta sinergi antara berbagai perpustakaan di Kabupaten Boyolali, sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami