BerandaKabar PondokDSPISantriwati Ikuti Program Literasi di Ponpes Darusy Syahadah Putri

Santriwati Ikuti Program Literasi di Ponpes Darusy Syahadah Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Salah satu komitmen yang terus dipegang dan dijalankan oleh Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah Putri adalah melatih santriwati menulis secara sistematis demi meningkatkan kemampuan literasi mereka.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pondok pesantren menggelar dua kegiatan penting, yaitu KTA (Karya Tulis Arab) untuk santriwati kelas 3 KMA dan KTI (Karya Tulis Indonesia) santriwati kelas 2 DID.

Santriwati Ikuti Program Literasi di Ponpes Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Suasana pengujian karya tulis santriwati di ruang kelas.

Kegiatan penulisan Karya Tulis Arab diikuti oleh peserta sebanyak 103 santriwati. Sedangkan untuk program penulisan Karya Tulis Indonesia diikuti oleh peserta sebanyak 18 santriwati.

Program KTA berlangsung mulai dari Sabtu, 5 Agustus 2023, hingga Sabtu, 16 September 2023. Sementara program KTI dimulai dari Ahad, 6 Agustus 2023, hingga Kamis, 21 September 2023.

Orientasi program ini dipandu oleh Ustadz Irfan Zain Nurry, yang menjabat sebagai Kepala Sekolah Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri. Beliau menjelaskan secara menyuluh tentang tujuan dan bagaimana santriwati harus mengikuti program tersebut.

Santriwati Ikuti Program Literasi di Ponpes Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Breafing penulisan diberikan oleh Ustadz Irfan selaku Kepala Sekolah Ponpes Darusy Syahadah Putri.

Adapun proses pelaksanaan program ini dimulai dengan memberikan santriwati kebebasan untuk memilih tema penulisan baik untuk KTA maupun KTI.

Kemudian, Ustadzah yang bertanggung jawab atas program KTA dan KTI menentukan dan membentuk kelompok-kelompok yang akan dipandu oleh musyrifah (pembimbing) khusus untuk setiap santriwati.

Setelah pembagian kelompok, santriwati diberikan bimbingan hingga batas waktu yang telah ditentukan, lalu diakhiri dengan ujian bersama musyrifah masing-masing.

Santriwati Ikuti Program Literasi di Ponpes Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Selain di kelas, ujian juga dilakukan di aula dan berbagai fasilitas Pesantren yang lain.

Dalam ujian KTA, Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri menggunakan berbagai fasilitas, termasuk bangunan kelas, aula, serta bangunan sekitar Masjid.

Program ini bertujuan untuk menjadikan santriwati sebagai pelaku yang terampil dalam menulis secara sistematis, meningkatkan kemampuan literasi mereka, serta merangsang minat baca dan kemampuan berpikir kritis.

Semoga program ini membawa manfaat yang baik bagi santriwati dan semoga Allah ﷻ senantiasa memberikan ilmu yang berlimpah dan memberkati setiap usaha yang kita lakukan. Amin ya Rabbal ‘alamin.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami