BerandaKabar PondokMusabaqah Qur’aniyyah: Membangun Semangat Tadabur Al-Qur'an

Musabaqah Qur’aniyyah: Membangun Semangat Tadabur Al-Qur’an

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Pada hari Ahad, 15 Oktober 2023, Bagian Akademik Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri menggelar acara Musabaqah Qur’aniyyah yang ditujukan untuk seluruh mahasantri.

Musabaqah Qur’aniyyah adalah serangkaian lomba dengan tema Al-Qur’an yang bertujuan untuk memperkuat semangat tadabur Al-Qur’an, muraja’ah (mengulang dan menjaga hafalan), serta mempererat ukhuwah (persaudaraan) di antara mahasantri.

Acara berlangsung selama satu hari dan terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pagi dengan sistem outdoor dan sesi sore dengan sistem indoor.

Di sesi pagi hari, mahasantri berpartisipasi dalam Musabaqoh Tilawah Al-Qur’an (MTQ) atau Lomba Membaca Al-Qur’an, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) atau Lomba Hafalan Al-Qur’an, Musabaqah Tafsir Surah (MTS) atau Lomba Tafsir Surat, dan Musabaqah Itqan Al-Matn (MIM) atau Lomba Pemahaman Matan.

Musabaqah Qur’aniyyah: Membangun Semangat Tadabur Al-Qur'an
Foto Dok. Mahasantri berkumpul di halaman sebelum musabaqah dimulai.

Sesi outdoor di pagi hari penuh dengan keceriaan. Pertanyaan-pertanyaan diajukan dalam format permainan dan teka-teki.

Sebagai contoh, potongan-potongan kertas berisi huruf hijaiyyah diacak untuk disusun menjadi kata yang menunjukkan jawaban, atau gambar-gambar ilustrasi cerita dalam Al-Qur’an dipasang di area pos sebagai clue dari jawaban.

Mahasantri dianggap selesai mengikuti musabaqah jika kelompok mereka telah menjawab pertanyaan dari tiga pos yang telah disediakan oleh panitia.

Selain menjawab dengan tepat, penilaian juga mempertimbangkan kekompakan kelompok. Semangat antusias mahasantri tercermin dalam penggunaan seragam khusus yang mencerminkan atribut kelompok mereka, sembari menyuarakan yel-yel kebersamaan.

Musabaqah Qur’aniyyah: Membangun Semangat Tadabur Al-Qur'an
Foto Dok. Huruf hijaiyah untuk disusun menjadi kata yang merupakan jawaban.

Pada sesi indoor, yang dimulai pukul 15.30 WIB di aula, masing-masing kelompok memilih tiga perwakilan untuk menjawab soal-soal yang disajikan oleh panitia.

Sesi indoor lebih menekankan pada kecerdasan dan pemahaman alih-alih hafalan dalam merespons pertanyaan yang diajukan. Sepuluh kelompok berkompetisi untuk menjawab soal wajib, dan kelompok dengan skor tertinggi berhak maju ke babak final.

Babak final diikuti oleh lima kelompok terbaik, dan pertanyaan dalam babak ini bersifat rebutan. Mahasantri harus menjawab dengan cepat dan tepat untuk meningkatkan skor mereka.

Foto Dok. Sesi indoor yang lebih berfokus pada cerdas cermat.

Kegiatan Musabaqah Quraniyyah berakhir pada pukul 17.40 WIB dengan pembagian hadiah kepada setiap kelompok. Acara ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi mahasantri.

Semoga kegiatan semacam ini terus mendorong mereka untuk lebih mendalami dan memahami pesan-pesan Al-Qur’an, serta mempererat ikatan persaudaraan terkhusus dalam lingkungan Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami