BerandaKabar PondokMADS Putri Sukses Laksanakan Rangkaian Ujian Akhir Semester

MADS Putri Sukses Laksanakan Rangkaian Ujian Akhir Semester

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Dalam rentang waktu yang cukup panjang, mulai dari tanggal 2 hingga 14 Desember 2023, mahasantri Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal untuk tahun ajaran 2023/2024.

Rangkaian ujian ini menjadi perjuangan bagi seluruh mahasantri dalam menempuh jenjang pendidikan di Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri.

Ujian Akhir Semester Gasal tahun ini, dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu ujian tahfidz dan ujian tulis. Setiap tahap memiliki penjadwalan yang berbeda-beda untuk setiap program studi.

Ujian tahfidz dilaksanakan dengan menyetorkan hafalan pada ustadzah penguji dengan ketentuan penilaian yang telah ditetapkan oleh bagian akademik. Penilaian tersebut meliputi ketepatan waktu, itqan hafalan, tajwid, tahsin, dan adab.

MADS Putri Sukses Laksanakan Rangkaian Ujian Akhir Semester
Foto Dok. Tidak hanya menyetorkan hafalan, mahasantri dituntut untuk beradab dengan baik.

Adapun untuk pelaksanaan ujian tahfidz, tidak disentralkan pada satu lokasi saja. Tempat yang digunakan adalah masjid, aula, kelas, dan gazebo. Pada ujian tahfidz ini, Prodi MATM (Ma’had ‘Aly Li Ta’hil Al-Mudarrisat) melaksanakan ujian selama 6 hari dengan target satu juz perharinya.

Sementara itu, Prodi MATQ (Ma’had Aly Li Ta’hil Al-Mudarrisat Li Al-Qur’an) diberikan waktu lebih lama, yaitu 10 hari, untuk menyelesaikan ujian sesuai dengan hafalan yang mereka miliki. Umumnya mereka mengujikan 2 hingga 3 juz dalam satu hari.

Setelah menyelesaikan ujian tahfidz, mahasantri kemudian mengikuti ujian tulis. Prodi MATM memulai ujian tulis lebih awal karena mata kuliah yang harus diuji lebih banyak.

Bagian akademik memberikan kebijakan kepada dosen untuk memilih metode pengambilan nilai UAS mata kuliah yang mereka ampu, mulai dari ujian tulis dengan lembar jawab hingga penulisan makalah atau tugas lainnya.

MADS Putri Sukses Laksanakan Rangkaian Ujian Akhir Semester
Foto Dok. Ujian tahfidz mahasantri.

Ujian tulis dilaksanakan di kelas dengan pengawasan ustadzah pada rentang waktu pukul 07.30 hingga 11.00 WIB, menguji dua mata kuliah dalam satu sesi.

Meskipun beberapa mahasantri harus mengerjakan ujian di asrama ma’had karena alasan kesehatan, proses ujian berlangsung dengan baik dan tertib.

Pada hari Kamis, 14 Desember 2023, rangkaian ujian telah berhasil dilalui dengan sukses. Setelah menjawab berbagai soal ujian, saatnya bagi mahasantri untuk melangitkan doa harapan atas segala upaya yang telah dilakukan.

Semoga Allah ﷻ memberikan hasil yang terbaik dan memberikan hikmah bagi para mahasantri atas perjuangan mereka. Kesuksesan dalam menyelesaikan Ujian Akhir Semester Gasal ini menjadi langkah awal menuju pencapaian yang lebih besar di masa depan, insyaAllah.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami