BerandaKabar PondokDSPITasmi' Akbar Santriwati Unit KMT Ponpes Darusy Syahadah

Tasmi’ Akbar Santriwati Unit KMT Ponpes Darusy Syahadah

- Advertisement -spot_img

Darusy SyahadahAlhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan rahmat dan berkah pada kita semua.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad ﷺ, kepada keluarga, sahabat, hingga kepada kita selaku umatnya di akhir zaman yang insyaAllah senantiasa taat pada sunahnya.

Alhamdulillah seluruh santriwati kelas 1, 2, 3 KMT dan Muhafidzat menjadi mustamiat (penyimak) Tasmi’ Akbar pada hari 05 Mei 2024 yang dimulai dari pukul 01.00 WIB hingga selesai bagi peserta tasmi 30 Juz.

Sedangkan untuk tasmi’ 15 Juz dimulai pukul 03.00 WIB hingga selesai yang dilaksanakan di Perpustakaan Pondok dan beberapa kelas KMT.

Tasmi' Akbar Santriwati Unit KMT Ponpes Darusy Syahadah
Foto Dok. Santriwati dan Ustadzah menyimak hafalan peserta tasmi’.

Tasmi’ akbar ini merupakan puncak ujian bertahap yang harus dilalui oleh santriwati untuk memutqinkan hafalan mereka.

Peserta berjumlah enam santriwati dengan empat peserta tasmi’ 30 juz yaitu Ustadzah Hurun Maqsuroh binti Slamet Riyadi, Nisa Az-Zahra binti Defrizon, Fathin Auliya’ Azhari binti Paryono Saputro, Rumaisho binti Umar Burhanuddin dan dua peserta tasmi’ 15 juz yaitu Mufidah Muthmainnah binti Waluyo dan Aisyah binti Sihmono.

Kegiatan ditutup dengan mengundang para wali peserta tasmi 30 juz untuk mendengarkan setoran hafalan terakhir yaitu juz 30 dari peserta.

Tasmi' Akbar Santriwati Unit KMT Ponpes Darusy Syahadah
Foto Dok. Penyerahan hadiah dari pondok kepada para peserta tasmi’ 30 Juz dan sesi foto santriwati dengan ayahandanya.

Pada sesi ini Ustadz Irfan Zain Nury menyampaikan sabda Nabi ﷺ

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh santriwati untuk senantiasa menghafal, mengajarkan, dan mengamalkan Al-Qur’an sebagaimana petunjuk dari Rasulullah ﷺ.

Beliau bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al-Qur’an nanti, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya! Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal)’.”

Semoga dengan diadakannya tasmi dapat memacu semangat santriwati untuk senantiasa semangat dalam menghafal, menyetorkan, memuraja’ah, dan mengamalkan Al-Qur’an serta menjadu ahlullah di dunia dan di akhirat, amin ya mujibad du’a.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
12,700PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
9,600PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami