BerandaKabar PondokDSPISantriwati Ikuti Program Manasik Haji di Pesantren

Santriwati Ikuti Program Manasik Haji di Pesantren

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ahad, 5 Mei 2024, santriwati kelas 2 KMA, KMT, dan 1 DID melaksanakan salah satu program PPNI (Program Intensifikasi Pembentukan Karakter), yakni “Manasik Haji,” di lingkungan Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah Putri.

Sehari sebelum pelaksanaan manasik haji, seluruh santriwati mendengarkan penjelasan dari Ustadz Abu Fatiah tentang tata cara haji dan umrah serta ziarah di kota Makkah dan Madinah.

Kemudian dilanjutkan dengan briefing keberangkatan dan pengecekan kelengkapan santriwati pada hari Ahad, 5 Mei 2024, pukul 06.30 WIB serta mendengarkan kalam dari Ustadz Irfan Zainnury.

Santriwati Ikuti Program Manasik Haji di Pesantren
Foto Dok. Briefing dan tausiyah sebelum kegiatan.

Setelah sesi tersebut, santriwati melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji yang dibimbing oleh panitia. Adapun musyrifah kelompok, senantiasa mendampingi anggota dan memperhatikannya.

Rangkaian manasik haji yang dilaksanakan adalah ihram, thawaf, sa’i, bermalam di Mina, wukuf di Arafah, menuju Muzdalifah, menyembelih hadyu, tahallul, memotong rambut, thawaf ifadhah, sa’i, tahallul tsani, melempar jumrah, dan thawaf wada’.

Setelah melaksanakan berbagai kegiatan manasik, seluruh santriwati berkumpul di mushalla untuk menjawab soal dari panitia sebanyak 20 pertanyaan untuk memastikan apakah santriwati benar-benar melaksanakan kegiatan dengan baik atau tidak.

Santriwati Ikuti Program Manasik Haji di Pesantren
Foto Dok. Replika dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan santriwati dalam memahami syariat ibadah haji dan umrah.

Setelah itu, panitia memberikan surprise kepada beberapa kelompok yang sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

Hadiah yang diberikan semoga menjadi motivasi lebih kepada santriwati agar semakin bersemangat menuntut ilmu.

Dengan kegiatan manasik ini diharapkan santriwati Darusy Syahadah bisa mengenal dan memahami dengan baik tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Semoga Allah memudahkan dan memberikan kesempatan kepada kita semua untuk bisa beribadah di Masjidil Haram.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
12,700PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
9,600PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami