BerandaKabar PondokDSPIProgram Tahfizh Raudhatul Hafizhat Darusy Syahadah Putri

Program Tahfizh Raudhatul Hafizhat Darusy Syahadah Putri

- Advertisement -spot_img

Di antara upaya menjaga hafalan Al-Qur’an, Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri menggulirkan program unggulan yang dinamai dengan Raudhatul Hafizhat (RH). Peserta dari program ini adalah para santriwati yang telah memiliki hafalan banyak atau lebih dari batas menimal yang ditetapkan oleh pondok. Tujuan dari program ini harapannya para santriwati tetap bisa menjaga hafalannya dengan murajaah maupun menambah hafalan.

Program Raudhotul Hafizhat ini setiap harinya mengadakan halaqah tahfidz secara rutin, dengan alokasi waktu formalnya setelah sholat subuh sampai jam 06.00 pagi. Dalam durasi waktu tersebut setiap santriwati mempunyai kewajiban untuk menyetorkan hafalan ziyadah (tambahan) sesuai kemampuannya masing-masing. Selain itu, waktu tersebut juga dimanfaatkan untuk menyetorkan murojaah-nya (hafalan ulang) dengan ketentuan minimal seperempat juz yang sudah dihafal.

Selain waktu formal di atas, program Raudhatul Hafizhat juga melangsungkan kegiatannya di waktu-waktu longgar yang lain, seperti di waktu sore saat kegiatan  para santriwati pada umumnya adalah kegiatan pribadi masing-masing namun bila tidak ada jadwal agenda yang ditentukan Pesantren.

Pesarta dari program tahfizh ini terdiri dari semua unit dengan rata-rata mereka sudah mempunyai bekal hafalan di pondok jenjang sebelumnya. Namun ada juga yang peserta yang memang berminat untuk menambah hafalan melalui program ini meskipun tidak pernah atau belum punya bekal banyak hafalannya.

Untuk menambah semangat hafalan sekaligus memotivasi semua peserta, program Raudhatul Hafizhat juga mengadakan Tasmi’ (menyimak hafalan) sekali duduk bagi santriwati yang telah selesai menambah hafalannya 5 juz. Selain itu, untuk memantapkan hafalan dan mengasah kemampuan pesert program ini mengadakan ujian yang terdiri dari tiga tahapan. Yaitu mulai dari 5 juz, setelah itu baru kemudian 15 juz, hingga sampai pada tahapan ujian 30 juz untuk santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz nya.

Para pengurus dan pembimbing program ini menyampaikan pesan dan kesannya bahwa dengan bergulirnya program ini, semoga Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah Putri bisa mencetak kader-kader Hafizhat yang senantiasa menyuarakan dan menjaga pesan-pesan Ilahi.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Pendaftaran Santri Baru 2022/2023 | Insya Allah Dibuka Mulai 1 Desember 2021 Secara OnlineKlik di Sini
+ +