BerandaKabar PondokSemester IV Prodi MATM Ikuti Kegiatan Outing Class di Assalaam

Semester IV Prodi MATM Ikuti Kegiatan Outing Class di Assalaam

- Advertisement -spot_img

Sukoharjo-Selasa, 14 Februari 2023 bagian akademik Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri menyelenggarakan kegiatan outing class untuk Semester IV prodi Ta’hil Mudarrisat.

Pada kesempatan kali ini, mahasantri mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam guna melakukan observasi dan wawancara kepada kepala bagian-bagian tertentu yang telah ditetapkan dari bagian akademik.

Bagian-bagian tersebut adalah bagian SDM, kesiswaan, kurikulum, keuangan, hubungan masyarakat, serta sarana dan prasarana.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan agar mahasantri mendapatkan pembelajaran serta mengenal lebih dekat tentang lingkungan fisik, administrasi sekolah, manajemen pengelolaan dan sebagainya.

Sehingga di kemudian hari, pengalaman tersebut akan menjadi salah satu referensi ketika telah mengabdikan diri di dunia pesantren.

Hal ini selaras dengan tujuan program studi Ta’hil al-Mudarrisat, yaitu meluluskan kader guru profesional yang mampu menjadi pengelola pesantren.

Sebelum kunjungan dilaksanakan, mahasantri dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan bagian yang akan diwawancarai.

Semester IV Prodi MATM Ikuti Kegiatan Outing Class di Assalaam
Foto Dok. Mahasantri sedang menyimak penjelasan.

Setiap kelompok dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam penyusunan landasan teori dan panduan wawancara.

Penyusunan tersebut diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu untuk kemudian dikoreksi kelayakannya oleh DPL masing-masing.

Tepat pukul 07.30 WIB rombongan mahasantri sampai di PPMI Assalaam dan disambut hangat oleh Ustadz Muhammad Luthfi selaku bagian humas.

Sebagai tuan rumah, beliau memberikan kesempatan kepada Ustadz Ammar Fathul Mujib selaku kepala jurusan MA Darusy Syahadah Putri untuk menyampaikan prakata.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Ammar Fatchul Mujib menyampaikan seputar tujuan penyelenggaraan kegiatan serta ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pihak PPMI Assalaam kepada MA Darusy Syahadah Putri.

Kemudian Ustadz Muhammad Luthfi memberikan sambutan dengan menceritakan tentang sejarah perjalanan berdirinya PPMI Assalaam hingga saat ini beserta program-program yang dimiliki.

Setelah kurang lebih satu jam observasi dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara kepada para narasumber terkait manajemen pengelolaan PPMI Assalaam dalam beberapa bidang.  Mahasantri menemui narasumber di ruangan bagian masing-masing. Terlihat mahasantri sangat antusias saat melakukan wawancara dengan para kabag atau kepala bagian.
Foto Dok. Mahasantri dan Asatidzah disambut dengan hangat oleh perwakilan dari Ponpes Assalaam.

Pertemuan tersebut kemudian ditutup dengan acara seremonial penyerahan cendera mata oleh pihak MA Darusy Syahadah kepada PPMI Assalaam.

Seusai beramah tamah, kegiatan selanjutnya adalah observasi lingkungan sekolah dan asrama PPMI Assalaam yang dipandu oleh Ustadz Muhammad Luthfi.

Setelah kurang lebih satu jam observasi dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara kepada para narasumber terkait manajemen pengelolaan PPMI Assalaam dalam beberapa bidang.

Mahasantri menemui narasumber di ruangan bagian masing-masing. Terlihat mahasantri sangat antusias saat melakukan wawancara dengan para kabag atau kepala bagian.

Semester IV Prodi MATM Ikuti Kegiatan Outing Class di Assalaam
Foto Dok. Mahasantri sedang melakukan observasi lingkungan dan asrama Ponpes Assalaam.

Para kabag pun juga sangat ramah dan terbuka dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sehingga mahasantri bisa dengan mudah mencatat dan merekam wawancara sebagai bahan penyusunan laporan.

Atas izin Allah Ta’ala, pada pukul 11.00 WIB serangkaian kegiatan observasi dan wawancara telah usai dilaksanakan.

Semoga dengan kegiatan outing class tersebut seluruh mahasantri dapat mengambil banyak manfaat dan semakin bertambah semangatnya dalam menuntut ilmu.

Tidak lupa segenap keluarga besar Darusy Syahadah turut mengucapkan jazakumullah khairan kepada seluruh staf PPMI Assalaam yang telah berkenan menerima kunjungan dan berbagi ilmu serta pengalaman kepada mahasantri MA Darusy Syahadah Putri.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami