BerandaKabar PondokSantri dan Santriwati Ikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir 2022/2023

Santri dan Santriwati Ikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir 2022/2023

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Sabtu, 20 Mei 2023 dilaksanakan Ujian Tulis EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) tahun akademik 2022/2023 di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri, dan sehari setelahnya, Ahad 21 Mei 2023 ujian juga digelar di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putra.

Di Ponpes Darusy Syahadah, Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Ujian tersebut digulirkan untuk seluruh santri kelas akhir (3 KMI/KMA, 3 KMT, dan 2 DID).

Santri dan Santriwati Ikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir 2022/2023
Foto Dok. Suasana ujian di Pondok Darusy Syahadah Putri.

Materi uji adalah semua yang telah dipelajari sejak awal kelas 1 IKM sampai kelas 3 KMI & KMA (untuk unit KMI), 1 KMT sampai 3 KMT (untuk unit KMT), dan 1 sampai 2 DID (untuk unit DID).

Bisa dikatakan seluruh materi pembelajaran yang telah diajarkan di Darusy Syahadah diujikan pada EBTA ini.

Kegiatan evaluasi belajar tahap akhir diawali dengan ujian lisan tahfidz 4 juz untuk unit KMI, 30 juz untuk unit KMT, dan 2 juz untuk unit DID. Dilanjutkan ujian lisan dengan materi Fiqih, Bahasa Arab, Doa-Doa, dan Hadits.

Santri dan Santriwati Ikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir 2022/2023
Foto Dok. Ujian lisan tahfidz di Ponpes Darusy Syahadah Putra

Syarat mengikuti ujian tahfidz lisan yaitu harus sudah menyelesaikan target setoran sesuai batasan materi tahfizh.

Berikut adalah target hafalan Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri setiap marhalah yang akan di setorkan sekali duduk:
1. Kelas 3 KMA/KMI: Juz 30, 1, 2, dan 3.
2. Kelas 2 DID: Juz 29 dan 30.
3. Kelas 3 KMT: 22 Β½ Juz.

Khusus untuk ujian santriwati KMT adalah MHQ (Musa’alah Hifdzil Qur’an) yaitu menjawab pertanyaan secara lisan baik dengan meneruskan ayat, menebak surat dalam juz tertentu, dan yang lainnya. Dengan bahan ujian yaitu semua hafalan yang mereka miliki dengan minimal atau syarat kelulusan 22 juz setengah.

Foto Dok. Santriwati sedang menjalani ujian lisan tahfidz di Ponpes Darusy Syahadah Putri.

Sebelum pelaksanaan ujian, tepatnya pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 apel bersama diadakan di depan Masjid Ummul Mukminin yang bertujuan untuk pembukaan Ujian EBTA T.A 2022/2023.

Ustadz Irfan Zain Nury selaku kepala sekolah memberikan sambutan pada apel tersebut dan memberikan semangat kepada santriwati yang akan mengikuti Ujian EBTA Lisan dan nantinya akan dilanjutkan Ujian EBTA Tulis.

Untuk Ujian Lisan pelaksaannya di bentuk per kelompok, di dalamnya terdapat 3-6 santriwati dan ada satu musyrifah penguji.

Adapun untuk Ujian Tulis terdapat 9 ruangan yang akan digunakan. Satu ruangan terdapat 19-20 santriwati dan pembagiannya sesuai marhalah dengan pelaksanaan yang akan berlangsung sampai tanggal 1 Juni mendatang insyaAllah.

Untuk Ponpes Darusy Syahadah putra, apel diadakan pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 di halaman depan kantor mu’allimin guna pembukaan ujian tulis EBTA T.A 2022-2023. Ustadz Zaid Abdul Lathif selaku Kepala Sekolah memberikan sambutan pada apel tersebut.

Foto Dok. Apel bersama sebelum pelaksanaan ujian.

Kemudian dilanjutkan pembacaan peraturan ujian tulis oleh Ustadz Mutazahid selaku Musyrif PPNI (Panitia Program Niha’i).

Setelah selesai mengikuti apel bersama, peserta ujian tulis langsung memasuki ruang ujian yang telah disiapkan panitia. Seluruh peserta terbagi menjadi 6 ruangan. Ujian insyaallah akan berlangsung sampai hari Kamis, 1 Juni 2023.

Semoga ujian berjalan dengan lancar dan para peserta diberi kemudahan dalam mengikuti ujian akhir ini, dan dapat mengamalkan ilmunya yang telah didapat selama belajar di Darusy Syahadah untuk kehidupan sehari-hari nantinya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami