BerandaKabar PondokSeminar Manajemen Pengelolaan TPQ bersama Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.

Seminar Manajemen Pengelolaan TPQ bersama Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Alhamdulillah, pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 Bagian Dakwah Bina Masyarakat (DBM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ma’had Aly Darusy Syahadah sukses mengadakan seminar Manajemen Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Acara ini dilaksanakan di area Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah, Simo, Boyolali, Jawa Tengah dan dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Seminar Manajemen ini bertujuan untuk memberikan “upgrading” kepada mahasantri Ma’had Aly Darusy Syahadah tentang pengelolaan TPQ serta menambah wawasan mereka melalui pengalamanΒ seorang praktisi berpengalaman dalam bidang tersebut.

Peserta yang menghadiri seminar ini adalah mahasantri Ma’had Aly Darusy Syahadah, asatidzah dari berbagai unit di Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah yang memiliki tanggung jawab mengelola TPQ, serta beberapa takmir masjid di sekitar Simo.

Seminar Manajemen Pengelolaan TPQ bersama Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.
Foto Dok. Jajaran asatidzah Ma’had Aly Darusy Syahadah berfoto dan pemateri seminar Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.

Acara dimulai dengan sambutan oleh K.H. Mustaqim Safar selaku Ketua Yayasan Yasmin Surakarta, yang memberikan pesan-pesan inspiratif mengenai pentingnya pendidikan agama dan peran TPQ dalam pembentukan karakter generasi muda.

Selanjutnya, Ustadz Misbahul Furqon, selaku Pembina Bidang Dakwah Bina Masyarakat Ma’had Aly Darusy Syahadah, memberikan sambutan dan menggarisbawahi tujuan seminar adalah untuk memperkuat manajemen TPQ dan peningkatan kualitas pengajaran Al-Qur’an terutama di lingkungan Ma’had Aly Darusy Syahadah.

Sesi utama seminar melibatkan pemaparan materi dan berbagi pengalaman dari Ustadz Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag., yang telah lama berkecimpung dalam pengelolaan TPQ.

Ustadz Aziz memberikan wawasan mendalam tentang manajemen keuangan, pengembangan kurikulum yang sesuai, rekrutmen pengajar, dan metode pengajaran yang efektif di TPQ.

Seminar Manajemen Pengelolaan TPQ bersama Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.
Foto Dok. Ust. Aziz Cahyo Nugroho, M.Ag.

Beliau juga berbagi kisah sukses dan tantangan yang pernah dihadapi dalam membangun TPQ yang bernama TPQ Hamas di daerah Klaten yang sudah meluluskan kurang lebih sekitar 600an santri.

Sesi terakhir adalah sesi diskusi dan tanya jawab, di mana para mahasantri aktif berpartisipasi dalam berdiskusi mengenai permasalahan TPQ yang mereka hadapi sehari-hari.

Ustadz Aziz pun dengan penuh antusias memberikan jawaban dan solusi atas berbagai pertanyaan yang diajukan.

Seminar Manajemen Pengelolaan TPQ ini telah memberikan manfaat besar bagi semua peserta, dan diharapkan akan memberikan dampak positif dalam pengelolaan TPQ di berbagai daerah.

Semangat untuk terus berkontribusi dalam pendidikan agama semakin kuat, dan semoga acara serupa akan diadakan lagi untuk mendukung perkembangan pendidikan agama di masa depan yang lebih baik.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami