BerandaKabar PondokKuliah Tamu "Membangun Spiritual Leadership Berbasis Pesantren"

Kuliah Tamu “Membangun Spiritual Leadership Berbasis Pesantren”

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-31 Desember 2023, Ma’had Aly Darusy Syahadah Putra memulai Semester Genap tahun akademik 2023/2024 dengan kegiatan kuliah tamu.

Dalam kesempatan berharga ini, Ma’had mengundang Ustadz Muhammad Fatahillah Suparman, M.Si, M.Pd, yang dihadirkan sebagai pembicara utama dalam acara kuliah perdana.

Dengan tema yang menarik, “Membangun Spiritual Leadership Berbasis Pesantren,” aula Ma’had Aly Darusy Syahadah Putra menjadi saksi kehadiran seluruh mahasantri dan para asatidzah yang turut memeriahkan acara tersebut.

Kuliah Tamu "Membangun Spiritual Leadership Berbasis Pesantren"
Foto Dok. Ustadz Muhammad Fatahillah Suparman, M.Si, M.Pd.

Keberadaan Asatidzah sebagai penopang utama dalam memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Semester Genap sekaligus menjadi pendorong semangat bagi mahasantri.

Ustadz Muhammad Fatahillah Suparman, M.Si, M.Pd, menyampaikan gagasan inspiratifnya dalam kuliah yang dinantikan. Pada kesempatan tersebut, beliau menegaskan bahwa kesuksesan seseorang memiliki landasan pada tiga hal penting.

Pertama, ability to do the work, yang mencakup kemampuan individu dalam menghadapi tantangan yang bersumber dari otak atau kecerdasan.

Kedua, level of effort, yaitu tingkat motivasi yang menentukan sejauh mana seseorang bersungguh-sungguh dalam meraih kesuksesan atau menyelesaikan target.

Kuliah Tamu "Membangun Spiritual Leadership Berbasis Pesantren"
Foto Dok. Mahasantri menyimak dan mencatat pemaparan dari pemateri.

Dan yang tak kalah penting, dukungan yang diberikan kepada individu tersebut, baik dari guru, senior, atau lingkungan sekitarnya.

Harapannya, kehadiran acara kuliah tamu ini dapat memberikan semangat baru bagi seluruh mahasantri dan asatidzah dalam memulai KBM di awal Semester Genap, sekaligus membawa semangat untuk menghadapi tahun 2024.

Pesan-pesan yang disampaikan oleh Ustadz Fatah semoga menjadi bahan refleksi yang memotivasi setiap individu untuk mengoptimalkan potensi mereka demi meraih kesuksesan.

Tak hanya secara akademis, namun juga dalam mengembangkan kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) berbasis pesantren. (Reporter: Dimas)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami