BerandaKabar PondokMADS Putri: Mahasantri Pererat Silaturahmi dengan Warga Sekitar

MADS Putri: Mahasantri Pererat Silaturahmi dengan Warga Sekitar

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Termasuk dari tanda keimanan seseorang adalah etika dan adabnya dalam memuliakan tetangga. Oleh sebab itu, menjaga silaturahmi dengan tetangga sekitar merupakan bagian dari nilai keimanan yang ditekankan di Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri.

Sebagai makhluk sosial, menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar menjadi bagian integral dari kehidupan kaum beriman.

Dalam upaya menerapkan nilai-nilai keislaman tersebut, Bagian Kemahasantrian Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri mengadakan program silaturahmi mahasantri ke rumah-rumah warga yang berada di sekitar komplek Ma’had.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 21 Januari 2024, dengan tujuan menciptakan kerukunan, keharmonisan, dan meningkatkan rasa solidaritas dengan warga sekitar.

Program silaturrahmi melibatkan seluruh mahasantri semester II dan IV, dengan membagi mahasantri menjadi 15 kelompok, masing-masing terdiri dari 3-4 orang.

MADS Putri: Mahasantri Pererat Silaturahmi dengan Warga Sekitar
Foto Dok. Silaturahmi dan menjaga hubungan dengan masyarakat.

Dengan total 30 rumah warga yang dikunjungi, kegiatan ini diharapkan dapat membuka ruang komunikasi antara mahasantri dan warga sekitar. Alhamdulillah, mayoritas warga merespons kehadiran mahasantri dengan baik.

Meskipun ada beberapa rumah yang tidak bisa dikunjungi karena pemiliknya sedang tidak ada di rumah, namun suasana silaturahmi diwarnai oleh beragam kisah pengalaman hidup yang dibagikan oleh warga.

Hal ini menciptakan obrolan yang hangat antara mahasantri dengan warga setempat.

Selain memberikan manfaat sosial, kegiatan silaturrahmi ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasantri.

Dengan berada di tengah masyarakat, mahasantri mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang kondisi mad’u (orang yang menjadi sasaran dakwah) dan dapat memperoleh wawasan baru terkait konten serta strategi dakwah yang efektif.

MADS Putri: Mahasantri Pererat Silaturahmi dengan Warga Sekitar
Foto Dok. Warga menyambut kegiatan silaturahmi mahasantri dengan positif.

Meskipun sering diselingi dengan suasana humor, kegiatan ini membuktikan bahwa pembelajaran tidak selalu terjadi di dalam kelas.

Senangnya mahasantri karena mendapatkan pembelajaran di luar kelas, dan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar mereka.

Warga berharap agar kegiatan silaturrahmi dapat diagendakan secara berkala, agar rasa canggung dengan mahasantri atau keluarga ma’had dapat perlahan-lahan sirna. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah untuk memperkuat keterlibatan mahasantri dengan masyarakat umum.

Dengan suksesnya kegiatan silaturrahmi ini, Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri menegaskan tekadnya untuk terus menjaga hubungan dan meningkatkan keterampilan sosial mahasantri dalam berinteraksi dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami