BerandaKabar PondokPraktik Pengalaman Lapangan Mahasantri Semester VI MADS

Praktik Pengalaman Lapangan Mahasantri Semester VI MADS

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri menggulirkan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasantri semester VI prodi MATM (Ma’had ‘Aly Li Ta’hil Al-Mudarrisat) dan MATQ (Ma’had Aly Li Ta’hil Al-Mudarrisat Li Al-Qur’an).

Kegiatan ini dimulai pada Jum’at, 19 Januari 2024, dan berlangsung selama dua pekan di enam ma’had yang berbeda.

Keenam ma’had tersebut adalah PPTQ Ulul Albab dan PPTQ Qoryatul Qur’an di Sukoharjo, MTQ Baitul Qur’an di Wonogiri, PPTQ Al-Imtiyaz di Ngawi, PPTQ Al-Islam dan PP Al-Ikhlas di Lamongan.

Foto Dok. Praktik mengajar di ma’had setingkat SMA.

Adapun PPL merupakan bagian integral dari program studi di Ma’had Aly Darusy Syahadah untuk mahasantri semester akhir.

Program ini bertujuan memberikan pengalaman faktual kepada mahasantri serta menjadi sarana untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dimiliki di dunia nyata.

Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan juga menjadi bagian dari pendidikan untuk melatih mahasantri sebagai calon tenaga pendidik agar mendalami ilmu keguruan dan administrasi pendidikan secara praktis.

Sehingga program ini menjadi ajang bagi mahasantri untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari serta mengembangkan potensi yang dimiliki.

Sebelum berangkat, mahasantri telah menjalani rangkaian pembekalan selama dua pekan sejak awal Januari 2023.

Praktik Pengalaman Lapangan Mahasantri Semester VI MADS
Foto Dok. Sesi pembekalan Mahasantri sebelum praktik di lapangan.

Pembekalan melibatkan materi ruhiyah guru, manajemen penguasaan kelas, pembuatan RPP, manajemen halaqah, dan tahsin, dengan menghadirkan dosen-dosen berkompeten di bidangnya.

Dalam rangkaian pembekalan, mahasantri juga melaksanakan micro teaching, sebuah metode pelatihan mengajar yang melibatkan beberapa mahasantri sebagai objek pembelajaran, terutama adik tingkat.

Pelatihan mengajar ini disiapkan untuk meningkatkan ketrampilan mengajar serta meningkatkan kualitas profesionalisme seroang calon pendidik.

Praktik Pengalaman Lapangan Mahasantri Semester VI MADS
Foto Dok. Halaqah tahfidzul qur’an.

Setelah sesi micro teaching selesai, calon guru kemudian menyelenggarakan majelis bersama dosen pendamping dan rekan mahasantri yang berperan sebagai siswa untuk menerima kritik dan saran selama proses berlatih mengajar.

Kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) tahun ajaran 2023/2024 dijadwalkan berakhir pada Jum’at, 2 Februari 2024.

Dengan terlaksanakannya program ini, diharapkan mahasantri dapat menggali ilmu dan pengalaman yang cukup untuk siap menjadi pendidik profesional setelah menyelesaikan masa pendidikan di Ma’had Aly Darusy Syahadah.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami