BerandaKabar PondokKajian Matan Nadhm Ummahatul Mukminin Bersama Ust. Dzikri

Kajian Matan Nadhm Ummahatul Mukminin Bersama Ust. Dzikri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ahad, 26 November 2023 Yaumul Ilmi di Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri kembali digelar. Kegiatan mengkhatamkan kutaib atau matan dalam satu hari ini menjadi agenda rutin yang diwajibkan bagi seluruh mahasantri prodi Ta’hil al-Mudarrisat. Dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, kegiatan ini berlangsung di aula MADS Putri.

Di tahun ajaran 2023-2024 ini, Yaumul Ilmi di MADS Putri terhitung telah diselenggarakan sebanyak tiga kali dengan tema kajian yang berbeda pada setiap putarannya.

Pertama, tema Fiqh dari kutaib “Ar-Risalah Al-Jamiah” yang dipresentasikan oleh Ustadz Abdurrahman Asy-Syafi’i, M.A. Kedua, pada bulan Oktober, Ustadz Ridwan Muharsa menjadi pemateri tahsin dengan membahas matan “Tuhfatul Athfal.”

Kajian Matan Nadhm Ummahatul Mukminin Bersama Ust. Dzikri
Foto Dok. Ustadz Dikri sedang menyampaikan materi.

Kemudian pada putaran ketiga di bulan November, menghadirkan Ustadz Dzikri Umar, Lc., membahas sirah sahabiyyah dengan merujuk pada kitab Nadhm Ummahatul Mukminin Radhiyallahu’anhunna, karya Syaikh Ghali bin al-Mukhtar Fala al-Anshari asy-Syinqithi yang mengulas singkat tentang istri-istri Rasulullah ï·º.

Ustadz Dzikri memulai dengan membacakan biografi pengarang kitab, menjelaskan keutamaan keluarga Rasulullah ï·º, dan menggambarkan gelar “Ummahatul Mukminin” sebagai kehormatan bagi istri-istri Rasulullah sebagai ibunda orang mukmin dengan sifat baik dan mulia.

Narasumber mengulas nadhm dan kemudian menuliskan urutan istri Rasulullah di papan tulis. Selain itu, beliau juga memetakan istri Rasulullah ï·º dari kalangan Arab dan non-Arab, serta menyajikan silsilah nasab Rasulullah yang berkaitan dengan nasab istri-istri beliau.

Dengan pembawaan yang karismatik dan menarik, Ustadz Dzikri mengupas secara singkat biografi istri Rasulullah ï·º satu per satu. Mahasantri pun terlibat aktif dalam mencatat penjelasan tambahan yang diberikan.

Kajian Matan Nadhm Ummahatul Mukminin Bersama Ust. Dzikri
Foto Dok. Mahasantri antusias mengikuti kajian.

Kegiatan Yaumul Ilmi ini merupakan momen penting untuk menyelami kehidupan dan ilmu yang ditinggalkan oleh Rasulullah ï·º. Kehadiran Ustadz Dzikri Umar memberikan nuansa yang menarik dalam memahami indahnya kehidupan istri-istri Rasulullah ï·º.

Besar manfaat yang didapat berupa ilmu dan wawasan, semoga tidak hanya dirasakan oleh mahasantri dan pihak penyelenggara saja, namun juga bisa dirasakan masyarakat secara luas.

Kegiatan ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube Ma’had Aly Darusy Syahadah, bagi yang ingin mengikuti materi kajian secara online silakan menyimak video berikut ini.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami