BerandaKabar PondokMudzakarah Dars: Tumbuhkan Semangat Belajar dan Berbagi Ilmu

Mudzakarah Dars: Tumbuhkan Semangat Belajar dan Berbagi Ilmu

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Mudzakarah Dars merupakan kegiatan rutin mahasantri Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri yang dilaksanakan setiap malam kecuali malam Jum’at.

Mudzakarah Dars adalah kegiatan belajar malam dengan fokus pada pengulangan materi yang telah dipelajari oleh mahasantri di kelas, terkait mata kuliah yang akan diajarkan pada esok hari.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali dan menyegarkan ingatan mahasantri terhadap materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya, sekaligus membentuk kesiapan mereka untuk mengikuti materi lanjutan di pertemuan berikutnya.

Teknis pelaksanaan kegiatan ini melibatkan presentasi materi oleh salah satu mahasantri secara bergantian dalam kelompok yang telah ditentukan, dengan penerapan lokalisasi belajar.

Lokalisasi dilakukan di area masjid, gazebo, dan aula secara bergilir untuk menjaga suasana belajar agar tidak membosankan.

Mudzakarah Dars: Tumbuhkan Semangat Belajar dan Berbagi Ilmu
Foto Dok. Selain di kelas, mahasantri juga melakukan mudzakarah di gazebo halaman pondok.

Mudzakarah juga didampingi oleh dua ustadzah pada setiap lokasi, bertugas memantau jalannya belajar, sekaligus sebagai konsultan (mungkin bahasanya) bagi mahasantri yang ingin bertanya tentang materi yang belum mereka pahami.

Waktu wajib untuk Mudzakarah Dars ditetapkan mulai pukul 20.00 hingga 20.30 WIB. Sebelum pukul 20.00, mahasantri diharapkan sudah menempatkan diri sesuai kelompok dan lokasi belajar.

Ketua kelompok bertanggung jawab untuk mengecek kelengkapan anggota.

Kegiatan Mudzakarah Dars dilakukan secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan efektivitas, karena murajaah dilaksanakan secara bersama-sama, memungkinkan mahasantri lain memberikan tambahan penjelasan jika presentasi dianggap kurang memahamkan.

Setelah 30 menit melaksanakan Mudzakarah Dars, mahasantri diberikan kebebasan untuk belajar mandiri atau mengerjakan tugas lain yang diberikan oleh dosen hingga pukul 21.30 WIB.

Meski singkat, diharapkan Mudzakarah Dars dapat menjadi sarana untuk melatih keterampilan presentasi mahasantri sekaligus menjadi alat untuk melekatkan ilmu yang telah dipelajari di kelas.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami