BerandaKabar PondokKilas PeristiwaDarusy Syahadah Ikut Serta Launching Peringatan Hari Santri

Darusy Syahadah Ikut Serta Launching Peringatan Hari Santri

- Advertisement -spot_img

darusyahadah.com – Pengasuh dan sejumlah santri Darusy Syahadah mengikuti acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama secara virtual via zoom meeting di ruang laboratorium pesantren.

Foto dok. Launching Hari Santri 2021- Santri Darusy Syahadah

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 21 September 2021, Pukul 09.30-10.30 WIB di Gedung Kementerian Agama (Kemenag) Jalan Thamrin Jakarta Pusat.

Launching Hari Santri 2021 ditandai dengan penabuhan alat musik khas Sulawesi Selatan Gandrang Bulo oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang PMK Muhadjir Efendi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menekankan peran penting pesantren dan kontribusinya bagi bangsa dan negara.

Pesantren memiliki entitas yang memiliki peran dan kontribusi tidak sedikit bagi bangsa dan negara, jejaknya panjang bisa diikuti sejak zaman wali songo sampai hari ini,” kata beliau dalam sesi sambutan pembuka.

Indonesia tidak akan pernah merdeka jika tidak ada santri,” Imbuhnya.

Menanggapi pernyataan Menteri agama di atas, KH. Mustaqim Safar, selaku sesepuh di Pesantren Darusy Syahadah mengatakan, “Santri memang memiliki kontribusi cukup besar terhadap bangsa dan negara ini.

Demikian pula santri kami, keberadaan Pesantren Darusy Syahadah di Boyolali selama ini telah berhasil memberi warna positif di tengah masyarakat sekitar dengan menanamkan etika, budi pekerti islami dan mengurangi angka buta al-Quran, bahkan di berbagai belahan bumi Indonesia melalui para alumnusnya,” tegas beliau.

Tahun ini, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Santri 2021 adalah Santri Siaga Jiwa Raga. Siaga Jiwa yang bermakna santri tidak boleh lengah dalam rangka menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Foto dok. Launching Hari Santri 2021- Santri Darusy Syahadah

Sementara siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Oleh karenanya, santri tidak boleh lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri 2021, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan akan mengadakan serangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan yang direncanakan diantaranya ; Pesantren Virtual Exhibition, Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang meliputi VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Challenge Selamat Hari Santri, Santri Sehari Menjadi Menteri dan berbagai kegiatan lainnya. Sebagai penutup dari rangkaian peringatan Hari Santri 2021, akan dilaksanakan Upacara Bendera pada 22 Oktober 2021. (Abu Khansa)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
12,700PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
9,600PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

1 KOMENTAR

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami