BerandaKabar PondokRoadshow KMDS Pusat Putaran Kelima

Roadshow KMDS Pusat Putaran Kelima

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ahad, 04 September 2022 Komite Ma’had Darusy Syahadah (KMDS) Mengadakan Pertemuan dan Silahturahmi Putaran Kelima Cabang Sukoharjo.

Acara tersebut dilangsungkan di Masjid Baitussalam, Mranggen dan dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Peserta acara tersebut adalah wali santri Darusy Syahadah wilayah Sukoharjo yang berjumlah 140 peserta.

Dalam kesempatan pertemuan perdana dengan para wali santri Sukoharjo tahun ajaran 2022-2023, ketua pengurus KMDS Wilayah Sukoharjo Bapak Nafsir Aspan, S.Ag, M.Si,. memberikan sambutan pada acara kali ini.

Dalam sambutan perdananya, beliau mengharap agar para wali ikut berperan serta membantu meringankan beban Yayasan dalam pembiayaan para santri asuh.

Untuk mencapai harapan itu, maka dibentuklah koordinator per wilayah Kecamatan. Pembentukan koordinator ini bertugas mengoordinasi penarikan kencleng per wilayah Kecamatan di Sukoharjo.

Program tersebut bertujuan membantu pembiayaan santri yang tidak mampu agar tetap dapat menempuh pendidikan di pesantren, tegas beliau.

Mudah-mudahan kita semua bisa turut andil mengantarkan mereka menjadi orang-orang yang shalih/shalihah, berakhlak mulia, dan berilmu. Tentunya juga dapat mengajarkan ilmunya kepada sesama dan bermanfaat serta solusi bagi ummat. Imbuh beliau.

Roadshow KMDS Pusat Putaran Kelima
Foto Dok. Wali santri dalam acara silaturahmi KMDS

Kemudian senada dengan itu, Mudir Ma’had Darusy Syahadah, Ustadz Qosdi Ridwanullah mengajak para wali santri untuk bersama sama mendidik anak anak menjadi generasi yang saleh.

Dalam sambutannya kali ini beliau juga meminta kepada para wali santri untuk melazimi doa sebagai berikut

اللهم آتِ نَفْسِيْ تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا، أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa dan sucikanlah ia, karena Engkaulah sebaik-baik Rabb yang mensucikannya, Engkau pelindung dan Pemeliharanya.”

     اللَّهُمَ حَبَّبْ إِلَيْنَا الْإِيمَانَ وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوبِنَا، وَكَرِّهْ إِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِين

“Ya Allah, cintakan kepada kami keimanan dan hiaskanlah iman itu ke dalam hati kami. Bencikan kepada kami kekafiran, kefasikan, kemaksiatan, dan jadikanlah kami termasuk orang yang mendapat petunjuk”.

Doa tersebut merupakan doa untuk mengumpulkan hal-hal yang bisa meraih banyak kebaikan agama dan kebaikan dunia bagi seseorang.

Pertemuan KMDS di Sukoharjo ini adalah putaran kelima yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Sragen, Klaten, Yogyakarta, Magelang, dan Purwokerto.

Adapun struktur KMDS Wilayah Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah adalah Bapak Nafsir Aspan, S.Ag.,M.Si,. selaku Ketua, Bapak Triyanto, A. Ma,. sebagai Wakil Ketua, Bapak Mariyanto,S.Pd.I. sebagai Sekretaris, Bapak Supono, S.Pd, sebagai Wakil Sekretaris, dan Bapak Dwiyono sebagai Bendahara.

Pada kesempatan kali ini Ketua Yayasan YASMIN Surakarta, Kyai Mustaqim Safar menegaskan bahwa tujuan pendidikan anak adalah agar anak memiliki ilmu dan juga memiliki karakter.

Beliau mengajak kerjasama para wali santri berperan mendukung agar tujuan tersebut dapat tercapai.

Roadshow KMDS Pusat Putaran Kelima
Foto Dok. Ibu dari santri-santri DS wilayah Sukoharjo

Tujuan diadakan acara ini adalah mempererat ukhuwah dan sinergitas wali santri dengan  pengasuh pesantren juga menjalin komunikasi yang baik di antara para wali santri.

Dengan terciptanya komunikasi dan interaksi antara pengasuh pesantren dan para wali santri diharapkan dapat memunculkan pemahaman yang sama di kedua belah pihak.

Komunikasi tidak hanya ditujukan untuk menyampaikan informasi maupun memberikan pemahaman tetapi juga mendekatkan hubungan antara pesantren dari para wali.

Hal ini bisa memunculkan para wali yang loyal dan mendukung program-program Pondok Pesantren.

InsyaAllah pertemuan KMDS Sukoharjo akan dilaksanakan setahun 2 kali sebagaimana yang telah disepakati dalam forum musyawarah ini.

Pesertanya terdiri dari semua anggota KMDS yang anaknya masih sekolah di Darusy Syahadah ataupun para alumni (jika ada yang menghendaki).

Nantinya, acara ini akan menjadi program rutin yang diadakan oleh KMDS Pusat, dan berlanjut di wilayah wilayah terpilih. (Dewikartika)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami