BerandaKabar PondokBaksos Mahasantri Semester II dan IV MADS Putri

Baksos Mahasantri Semester II dan IV MADS Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ahad, 19 Maret 2023 dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan bagian kemahasantrian menggulirkan program baksos (bakti sosial) untuk seluruh mahasantri Semester II dan IV.

Pada kesempatan tersebut, mahasantri Semester VI tidak diikutsertakan karena sedang fokus mengerjakan skripsi bagi prodi MATM dan persiapan khatmil qur’an bagi prodi MATQ.

Selain untuk menyambut datangnya Ramadhan, program baksos digulirkan demi meningkatkan rasa kepedulian mahasantri terhadap lingkungan sekitar.

Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, baksos dilaksanakan pada lima masjid yang berlokasi di sekitar ma’had. Sebelum berangkat menuju masjid, mahasantri telah dibekali denah masjid juga peralatan untuk baksos nantinya.

Baksos Mahasantri Semester II dan IV MADS Putri
Foto Dok. Santriwati sedang membersihkan kaca jendela Masjid

Mahasantri dibagi menjadi lima kelompok sesuai dengan jumlah masjid yang akan dibersihkan. Mereka berangkat dengan berjalan kaki menuju masjid pada pukul 07.00 WIB setelah sarapan dan piket.

Masing-masing kelompok mulai membagi tugas kepada anggotanya untuk membersihkan area masjid yang kotor. Beberapa anggota ada yang diberi tanggungjawab atas kebersihan masjid bagian dalam, sebagian yang lain membersihkan halaman masjid serta kamar mandi.

Pertama-tama mereka membersihkan sawang dan melepas kipas angin untuk dicuci baling–balingnya. Dilanjut merapikan almari yang berisi Al-Qur’an, buku, dan mukena. Setelah selesai mahasantri kemudian menyapu lantai dan mengepelnya.

Baksos Mahasantri Semester II dan IV MADS Putri
Foto Dok. Santriwati membersihkan kipas angin Masjid

Pada waktu yang sama, mahasantri lain membersihkan area luar masjid. Mereka mencabut rumput, menyapu halaman, membersihkan karpet dengan vacuum cleaner, menyikat tempat wudhu, mencuci mukena, mengelap kaca jendela.

Baksos Mahasantri Semester II dan IV MADS Putri
Foto Dok. Santriwati membersihkan halaman

Tak terasa dua jam berlalu, mahasantri beristirahat sejenak untuk sekedar menyantap es teh dan snack yang telah disediakan panitia juga warga.

Kelompok yang sudah menyelesaikan baksos kemudian membantu kelompok lain yang dirasa masih memerlukan bantuan untuk membersihkan area masjid. Sekitar pukul 10.45 WIB mahasantri telah menyelesaikan baksos.

Sebelum kembali ke ma’had, tidak lupa mereka membakar sampah yang telah dikumpulkan.

Semoga progam baksos menjadikan mahasantri lebih peka dengan lingkungan juga masyarakat. Tak kalah penting juga menjadi suatu amalan yang besar nilainya di hadapan Allah, karena telah menjadikan masjid bersih sehingga nyaman dipakai untuk beribadah.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami