BerandaKabar PondokTazwid Ramadhan Mahasantri MADS Putri

Tazwid Ramadhan Mahasantri MADS Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Sabtu, 18 Maret 2023 bagian akademik Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri menyelenggarakan acara tazwid (pembekalan) Ramadhan untuk seluruh mahasantri.

“Al-Ilmu qablal qauli wal ‘amali” atau dalam bahas kita dikenal dengan kalimat “ilmu sebelum berkata dan berbuat” merupakan sebuah adagium yang digunakan oleh Imam Bukhari untuk salah satu bab dalam kitabnya Al-Jami’ Ash-Shahih.

Kalimat tersebut hendak mengingatkan kepada para pembaca bahwa syarat sah suatu ibadah adalah dengan terlebih dahulu mengetahui tata cara dari ibadah itu sendiri.

Maka ilmu menjadi prioritas sebelum seorang hamba beramal dan berucap. Oleh sebab itu bagian akademik mengadakan kegiatan Tazwid guna membekali mahasantri dengan materi fikih puasa sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh mahasantri dan Ustadzah dengan mengundang Ustadzah Nida’ Falah Fitri sebagai narasumber. Beliau adalah alumni Ma’had Aly Darul Wahyain Magetan Jawa Timur.

Tazwid berlangsung pada pukul 08.10 sampai pukul 11.30 WIB. Sesuai dengan tema acara, narasumber menyampaikan materi berkenaan dengan “Fikih Puasa”.

Adapun penyampaian materi dimulai dari sejarah penamaan Ramadhan kemudian secara berurutan membahas perkara seputar syariat puasa, syarat wajib, syarat sah, rukun, sunah-sunah berpuasa, hukum puasa, perkara yang makruh ketika berpuasa hingga perkara yang dapat membatalkan puasa.

Pembahasan yang dijabarkan merujuk pada kitab at-Taqrirat as-Sadidah fi al-Masail al-Mufidah karya Habib Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim al-Kaf.

Kitab tersebut merupakan kitab fiqih kontemporer yang menjelaskan beberapa masalah seputar fikih dalam mazhab Syafi’i.

Beliau menjelaskan sub bab materi diiringi dengan beberapa permasalahan atau kasus yang sering terjadi ketika berpuasa beserta penjelasan hukumnya. Terlihat para mahasantri mencatat poin-poin yang ada pada setiap sub bab materi.

Setelah materi selesai disampaikan, beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan studi kasus. Misal, uzur bagi wanita yang hamil kemudian menyusui setiap tahun, flek bagi wanita yang hamil muda, dan lain sebagainya.

Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para peserta, sehingga amal ibadah pada bulan Ramadhan terasa lebih bermakna.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami