BerandaKabar PondokBaksos Masjid Kampung Mahasantri MADS Putri

Baksos Masjid Kampung Mahasantri MADS Putri

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Khusyuk merupakan ruh dan inti shalat, karena khusyuk adalah keadaan seorang hamba menghadirkan hati dan dan ketenangan jiwa ketika menghadap Allah ﷻ.

Kekhusyukan harus senantiasa dihadirkan ketika shalat sebagai bentuk pengagunggan kita kepada Allah ﷻ.

Salah satu upaya untuk menghadirkan kekhusyukan tersebut adalah dengan menciptakan lingkungan dan tempat beribadah yang bersih dan rapi.

Untuk merealisasikan kebersihan tempat shalat tersebut, Ma’had Aly Darusy Syahadah Putri terkhusus bagian kemahasantrian mengadakan baksos masjid kampung yang berada di sekitar ma’had.

Baksos Masjid Kampung Mahasantri MADS Putri
Foto Dok. Membersihkan tempat ibadah agar nyaman dalam beribadah.

Baksos dilaksanakan pada lima masjid dan diadakan pada hari Ahad, 10 Maret 2024 lalu sebagai semarak menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Adapun tujuan kegiatan baksos adalah meningkatkan kecintaan terhadap kebersihan masjid, menunjukkan kepedulian kepada sesama dan lingkungan, juga melatih gotong royong serta kerjasama antar angggota kelompok.

Mahasantri yang akan melaksanakan baksos telah dibekali peralatan kebersihan seperti sapu, sikat, kemoceng, sabun dan peralatan lainnya.

Mahasantri berangkat menuju masjid pada pukul 06.30 WIB dengan berjalan kaki, hal ini bermaksud agar mereka belajar untuk bisa beramah tamah menyapa warga setempat.

Pembagian tugas bersih-bersih diserahkan pada masing-masing kelompok.

Baksos Masjid Kampung Mahasantri MADS Putri
Foto Dok. Mahasantri membersihkan area sumur masjid.

Pembagian tersebut meliputi bagian dalam dan luar masjid dengan tugas menyikat kamar mandi, mencabut rumput, membersihkan karpet dan kipas, menyapu serta mengepel.

Ustadzah juga turut bersinergi dalam baksos mahasantri. Selain membersamai, ustadzah juga mengarahkan mahasantri untuk membersihkan bagian-bagian yang dirasa masih perlu untuk dibersihkan.

Kegiatan baksos tidak selesai bersamaan karena masing-masing masjid memiliki tingkat kebesaran dan kebersihan yang berbeda.

Oleh sebab itu, bagi kelompok mahasantri yang telah menyelesaikan tugasnya diminta untuk membantu kelompok lain agar sesegera mungkin terselesaikan.

Alhamdulillah semua kelompok menyelesaikan baksos sebelum masuk waktu Dzuhur dan mahasantri pun beranjak menuju ma’had untuk kembali melanjutkan kegiatan lain.

Dengan terlaksananya kegiatan baksos masjid ini, Ma’had Aly Darusy Syahadah terus berupaya mendidik mahasantri untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat, berperan aktif, dan peka terhadap lingkungan sekitar.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami