BerandaKabar PondokDSPIDarusy Syahadah Putri Gelar Acara "Book Day" Untuk Tingkatkan Literasi

Darusy Syahadah Putri Gelar Acara “Book Day” Untuk Tingkatkan Literasi

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Jum’at, 11 Agustus 2023 merupakan salah satu hari dengan momentum penting yang terjadi di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Putri.

Pada saat itu seluruh santriwati turut serta dalam kegiatan “Book Day” yang dipersembahkan oleh Bagian Perpustakaan atau Bagian Maktabah Ma’had Darusy Syahadah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendorong dan memperkuat minat literasi santriwati serta keterampilan mereka.

Darusy Syahadah Putri Gelar Acara "Book Day" Untuk Tingkatkan Literasi
Foto Dok. “Hari Buku” Ponpes Darusy Syahadah Putri.

Sebab, literasi memiliki peranan penting dalam pengembangan diri serta kontribusi santriwati terhadap masyarakat dan dunia secara lebih luas.

Dengan kemampuan literasi yang baik, sangat memungkinkan bagi peserta didik untuk lebih dalam memahami ajaran agama, mempelajari ayat suci Al-Qur’an, dan mendalami pemikiran-pemikiran ulama.

Sehingga pada akhirnya mereka dapat menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari dan berkontribusi positif dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, literasi yang baik juga akan membantu santriwati dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan membuat keputusan berdasarkan argumen serta pemahaman yang matang.

Darusy Syahadah Putri Gelar Acara "Book Day" Untuk Tingkatkan Literasi
Foto Dok. Santriwati berkumpul untuk mendengarkan arahan dan motivasi dari Ustadzah pembimbing.

Oleh karenanya, acara yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 10.30 WIB itu pun diikuti dengan antusias oleh seluruh santriwati dari berbagai unit, termasuk IKM, KMA, KMT, dan DID.

Ustadzah Ismi Hidayati Nur selaku Ketua Bagian Maktabah bertanggung jawab sebagai pengarah acara “Book Day” tersebut.

Ada dua kegiatan penting dan utama yang mesti diikuti oleh santriwati yaitu Sayembara Buku dan Waktu Membaca atau “Reading Time”.

Sayembara Buku dilakukan dengan mengajak santriwati untuk berpartisipasi mencari buku-buku perpustakaan yang tersebar di berbagai lokasi di lingkungan pondok, seperti di kamar, kelas, dan masjid.

Sedangkan Waktu Membaca atau “Reading Time” dilaksanakan dengan membersamai santriwati menikmati buku bacaan di area maktabah (perpustakaan) yang nyaman dan didukung oleh fasilitas kafetaria.

Darusy Syahadah Putri Gelar Acara "Book Day" Untuk Tingkatkan Literasi
Foto Dok. Tulisan terpampang pada dinding gedung pesantren untuk terus memotivasi santriwati.

Pada kesempatan tersebut, Ustadzah Ismi Hidayati Nur juga memberikan motivasi yang menggugah semangat belajar.

Beliau mengingatkan, “Study now or stupid forever. Keep reading, keep growing. Belajarlah sekarang (dan selalu) atau menjadi bodoh selamanya. Teruslah membaca, teruslah bertumbuh.”

Diharapkan melalui kegiatan ini, kesadaran dan keterampilan literasi santriwati Pondok Pesantren Darusy Syahadah bisa semakin terasah dan meningkat.

Semoga Allah ﷻ senantiasa meridhai, memberikan kelancaran serta keistiqamahan kepada para penuntut ilmu. Amin.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami