BerandaKabar PondokDSPASebelum Liburan, Santri Unit STI Ikuti Rihlah ke Pantai Sadranan

Sebelum Liburan, Santri Unit STI Ikuti Rihlah ke Pantai Sadranan

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Masa liburan telah tiba, dan semangat ceria mewarnai raut wajah seluruh santri unit Syu’bah Ta’shil Ilmi di Pondok Pesantren Darusy Syahadah.

Sebelum memanfaatkan momen liburan, seluruh santri unit STI mengikuti kegiatan Rihlah ke Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Yogyakarta, sebagai salah satu momen seru yang dinantikan santri guna melepas lelah dan penat setelah menjalani rutinitas padat di pesantren.

Ustadz Sudarisman, Lc. M.A., Kepala Jurusan unit Syu’bah Ta’shil Ilmi menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mentadaburi keagungan alam semesta ciptaan Allah ﷻ, mempererat ukhuwah para santri, dan merefresh semangat dalam diri mereka.

Maka pada hari Kamis 21 September 2023 pukul 03.00 WIB dini hari, tiga bis rombongan santri STI berangkat dari Pesantren. Saat tiba waktu Subuh, mereka berhenti sejenak di Masjid Agung Al-Aqsa Klaten untuk menunaikan shalat berjama’ah yang dilanjutkan dengan apel pagi pembagian kelompok.

Seusai apel, kegiatan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dan tak lupa, momen berharga tersebut diabadikan dengan berfoto bersama sekaligus menikmati keindahan arsitektur Masjid Agung Al-Aqsa.

Selesai beristirahat sejenak, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Pantai Sadranan. Setelah menempuh perjalanan sekitar empat jam, akhirnya sampailah rombongan santri di lokasi tujuan yang menakjubkan.

Sebelum Liburan, Santri Unit STI Ikuti Rihlah ke Pantai Sadranan
Foto Dok. Terlihat keceriaan santri dalam mengikuti lomba tarik tambang.

Yogyakarta adalah salah satu kota yang terkenal dengan beragam destinasi wisata alamnya. Salah satu yang sering dikunjugi masyarakat adalah Pantai Sadranan, yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sebelum memulai serangkain aktivias, para santri berkumpul untuk mendengarkan arahan dari Asatidzah. Hal itu penting untuk dilakukan agar kegiatan bisa terkontrol dan terawasi dengan baik.

Keceriaan para santri terpancar dari berbagai permainan yang mereka nikmati di pasir Pantai Sadranan. Mereka mengadakan estafet sarung yang mengundang tawa, lempar bola tangan yang seru, hingga bermain tarik tambang dengan semangat kompetitif yang positif.

Setelah lelah bermain, saatnya “free time” tiba. Para santri dari masing-masing kelas memeriahkan suasana dengan pertunjukan yang menakjubkan. Salah satunya adalah unjuk bakat membaca puisi yang diselingi dengan mendendangkan nasyid yang menggetarkan hati.

Sebelum Liburan, Santri Unit STI Ikuti Rihlah ke Pantai Sadranan
Foto Dok. Santri membacakan puisi yang mereka buat.

Sebagai penutup Rihlah yang penuh makna ini, acara diakhiri dengan sarasehan bersama seluruh santri dan Asatidzah unit Syu’bah Tashil Ilmi. Momen tersebut menjadi kesempatan berharga untuk berbagi pengalaman dan mempererat tali persaudaraan di antara guru dan murid.

Rihlah ke Pantai Sadranan menjadi salah satu momen penting bagi santri Pondok Pesantren Darusy Syahadah untuk mengukuhkan ikatan persahabatan dan menorehkan kenangan indah selama liburan mereka.

Semoga pengalaman ini bisa menjadi bekal yang berharga dalam perjalanan para santri untuk menjadi generasi berprestasi dan berbakti kepada agama dan masyarakat.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami