BerandaKabar PondokMa'had 'Aly li Ta'hil Al-Mudarrisat Sukses Gelar Ujian Itqan Al-Hifdz

Ma’had ‘Aly li Ta’hil Al-Mudarrisat Sukses Gelar Ujian Itqan Al-Hifdz

- Advertisement -spot_img

Darusy Syahadah-Ujian Itqan Al-Hifdz merupakan salah satu rangkaian penilaian akhir dari kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh Bagian Akademik.

Ujian meliputi hafalan Al-Qur’an dan matan Al-Jazariyyah bagi mahasantri semester akhir prodi Ta’hil Mudarrisat lil Qur’an menjelang kelulusan.

Pada ujian hafalan Al-Qur’an, mahasantri diuji oleh tiga ustadzah sesuai dengan pencapaian hafalan masing-masing mahasantri.

Ujian ini dilaksanakan di masjid dan disaksikan oleh seluruh mahasantri prodi Ta’hil Mudarrisat lil Qur’an.

Ujian Itqan hafalan Al-Qur’an berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 21-22 Mei 2024.

Dalam pelaksanaan ujian, soal diberikan dengan cara melanjutkan ayat yang dibacakan oleh ustadzah penguji, dengan waktu maksimal 2 menit per soal.

Jika mahasantri tidak menjawab dalam waktu yang ditentukan, maka soal yang diambil dari satu halaman setiap juz dianggap gugur.

Ma'had Aly Ta'hil Lil Mudarrisat Sukses Gelar Ujian Itqan Al-Hifdz
Foto Dok. Salah satu peserta ujian sedang membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dihafal di hadapan Ustadzah penguji dan mahasantri.

Mahasantri yang menjadi mustami’ diwajibkan membawa Al-Qur’an untuk menyimak ayat yang menjadi soal dari ustadzah, dengan aturan ketat yang melarang memberikan petunjuk kepada peserta ujian.

Adapun ujian Itqan Matan Al-Jazariyyah berlangsung pada hari Kamis, 23 Mei 2024. Ujian matan terdiri dari ujian lisan dan ujian tulis.

Pada ujian lisan, mahasantri menyetorkan matan dari bab muqaddimah hingga bab tatimmat dalam satu kali duduk pada siang hari, kemudian dilanjutkan dengan ujian tulis pada malam hari.

Ujian ini diselenggarakan untuk menjaga kualitas serta mempersiapkan kelayakan hafalan mahasantri yang akan lulus dan ditugaskan di lembaga pendidikan.

Alhamdulillah, rangkaian ujian Itqan Al-Hifdz baik Al-Qur’an maupun matan Al-Jazzariyah berjalan dengan baik.

Berikutnya, mahasantri harus mempersiapkan diri kembali untuk menjawab soal-soal ujian akhir semester.

Ma’had Aly Darusy Syahadah akan terus berupaya dalam menyiapkan kader-kader umat dan terus meningkatkan kualitas alumninya. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan serta pemahaman ilmu kepada kita semua.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
12,700PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
9,600PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami