Home / Kabar Pondok / Apa itu Unit KMT Darusy Syahadah?

Apa itu Unit KMT Darusy Syahadah?

Darusy Syahadah – Unit Kulliyatul Mu’allimin dan Mu’allimat li Tahfizhil Qur’an atau disingkat KMT, adalah unit yang menerima lulusan pondok-pondok pesantren setingkat SLTP, terutama yang mengambil jurusan tahfizh dan ingin melanjutkan belajar di Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah, alhamdulillah telah dibuka peserta didik untuk masuk langsung kelas 1 KMT.

Jenjang pendidikan di unit ini ditempuh selama tiga tahun dengan ketentuan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah mempunyai tahsin bacaan Al-Qur’an yang bagus, kemampuan tahfizh nya baik, dan juga memiliki kemampuan bahasa arab. Karena yang diinginkan dari diadakannya unit ini adalah adanya korelasi penguasaan yang baik antara tahfizh dengan bahasa arab dalam hal memahami kitab Allah subhanahu wata’ala.

Adapun di program KMT ini yang ditempuh selama tiga tahun, setiap tahunnya ditargetkan untuk bisa selesai menghafalkan sepuluh juz Al-Qur’an dengan durasi tahfizhul Qur’an selama ba’da subuh sampai pukul 06.00 atau 06.30 WIB. Setelah itu, pada pukul 07.30 sampai jam 08.40 WIB, kemudian juga dilanjutkan dengan muroja’ah ba’da zhuhur kalau memang menghendaki demikian.  Namun yang pasti kegiatan mereka ba’da ashar dan di malam hari adalah mengisi waktu dengan memperbanyak muroja’ah. Waktu-waktu tahfzhul Qur’an yang cukup banyak waktunya sehingga sangat memungkinkan untuk bisa menghafal Al-Qur’an selama tiga tahun.

Selain itu, ada juga tambahan target bagi santriwan dan santriwati untuk bisa mengkhatamkan satu kitab tafsir baik yang besar maupun kecil dengan sistem pembelajaran mulazamah dengan dipandu para ustadz untuk membaca kitab, memahami dan menerjemahkannya sambil melatih kemampuan bahasa arab santri. Di unit KMT ini porsi pelajaran-pelajaran yang ada relatif lebih sedikit dengan berkisar antara lima atau enam mata pelajaran saja, guna memperbanyak waktu tahfizh dan untuk lebih bisa fokus targetnya dalam mencetak orang-orang yang hafizhul Qur’an dengan memahami isinya dan juga bisa menjadi muhafizh-muhafizh, serta siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Simak video informasi lengkap berikut kegiatannya di link channel YouTube Darusy Syahadah berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=yiI5E2gYMHQ

 

Baca Juga

Rihlah Ilmiyah, Rihlah Ukhuwah Fillah, Darusy Syahadah Putri

Surakarta – Alhamdulillah, Dalam rangka menjalin hubungan baik dengan beberapa lembaga pendidikan pesantren, Pondok Pesantri ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

+ +