Home / Renungan / Harga Yang Harus Dibayar Untuk Ramadhan

Harga Yang Harus Dibayar Untuk Ramadhan

Tak terasa bahwa kita sudah berada di penghujung bulan Rajab dan kurang lebih satu bulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Banyhak para ulama’ dan mubaligh menggambarkan ilustrasi indah tentang Ramadhan, tapi kalau kita gambarkan Ramadhan mirip sebuah pasar besar, mall besar dan market besar yang menyediakan semua perabot dan kebutuhan serta apapun yang diinginkan manusia, maka cara dan strategi terbaik untuk mendapatkan semuanya adalah strategi “Daf’uts Tsaman” yaitu strategi bayar harga. Hanya orang-orang yang mempunyai keberanian untuk membayar harga itulah yang akan mendapatkan semua yang ada di dalamnya.

Mental gratisan, malas-malasan, tidak berani mengeluarkan lebih dari yang seharusnya, maka tidak akan mendapatkan apa-apa. Coba saja bila seseorang datang ke mall, atau datang ke tempat manapun dan yang dicari hanya gratisan, pasti yang dia dapatkan adalah perkara yang remeh-remeh, kecil dan murah. Tetapi jika seseorang berani membayar harga semua yang ada di sana pasti bisa dibawa pulang. Begitu pula Ramadhan, karena Ramadhan ini ada banyak sekali barang-barang dan aneka macam yang Allah tawarkan kepada kita. Maka cara untuk mendapatkan semuanya adalah berani membayar harganya, berani untuk mengeluarkan semua waktu, tenaga, pikiran, termasuk harta yang kita miliki untuk memborong semua penawaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Karenanya mulai dari sekarang, kita siapkan bekal yang sebanyak-banyaknya. Maka pasar Ramadhan ini dibukan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kita bisa berkunjung ke dalamnya dan kita bisa mendapatkan semua yang Allah sediakan kepada kita. Tanpa kita siapkan bekal, maka kita seperti masuk pada sebuah mall yang tidak membawa apa-apa, maka kita keluarpun dengan tidak membawa apa-apa. Demikian pesan singkat ini, semoga bermanfaat bagi muslimin dan muslimat di manapun berada.

 

Oleh : Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani

Lihat juga versi video ceramah beliau di link Youtube berikut :

 

Baca Juga

Mata, Pintu Masuk Kemaksiatan

Taqdim           Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Musuh yang selalu berupaya untuk menyesatkan manusia ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami