BerandaKabar PondokDSPIItikaf for Muslimah 1443 H di Masjid Ummul Mu’minin Pondok Darusy Syahadah...

Itikaf for Muslimah 1443 H di Masjid Ummul Mu’minin Pondok Darusy Syahadah Putri

- Advertisement -spot_img

Itikaf for Muslimah 1443 H di Masjid Ummul Mu’minin Pondok Darusy Syahadah Putri

Sepuluh hari terakhir Ramadhan tahun 1443 H telah menyapa, dimana salah satu malamnya lebih baik dari seribu bulan. Umat islam berlomba-lomba untuk mencari malam kemuliaan tersebut, salah satunya dengan melakukan iktikaf yaitu berdiam diri di masjid dan menyibukkan diri untuk memperbanyak shalat, tilawah dan mendekat kepada Allah.

Tak ingin menyia-nyiakan momen istimewa tersebut, maka IKADS (Ikatan Alumni Darusy Syahadah) menginisiasi untuk mengadakan program Itikaf for Muslimah (iktikaf untuk Muslimah) dengan menggandeng Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo. Publikasi yang dilakukan menggunakan media online dalam penyebaran flyer yang berisikan info terkait Iktikaf for Muslimah.

Alhamdulillah terjaring peserta Iktikaf yang berjumlah kurang lebih sekitar 75 peserta dari berbagai usia, mulai dari kelas 2 SD sampai usia 64 tahun. Selain itu peserta juga tidak hanya berasal dari daerah sekitar, tetapi meliputi dari berbagai daerah yang terbilang cukup jauh seperti Bekasi, Demak, Semarang, Jepara, Magetan, Rembang, Karang Anyar, Solo raya, dan kota–kota lainnya. Juga didampingi oleh panitia yang berjumlah 18 orang dengan diketuai oleh ukhti Kurriyah selaku ketua umum IKADSPI (Ikatan Alumni Darusy Syahadah Putri).

Iktikaf for Muslimah ini diselenggarakan di masjid Ummul Mukminin Pondok Darusy Syahadah Putri, yang beralamatkan Grenjeng 05/02, Kedunglengkong, Simo, Boyolali, Jawa Tengah. Tempat yang sangat strategis dan juga familiar menjadi nilai plus tersendiri bagi para peserta iktikaf. Posisi masjid pun berada di dalam ma’had, terasa sangat aman, tenang, dan tak terjangkau oleh ajnabi (laki-laki non mahram), sehingga tercipta suasana khusyuk untuk beribadah bagi Muslimah yang melakukan aktivitas selama iktikaf.

Dimulai pada hari Jumat, 22 April 2022 pukul 16.00 WIB dengan pembukaan dan peresmian dari murid penpres Darusy Syahadah yaitu Ustadz Qosdi Ridwanullah. Beliau berpesan agar memanfaatkan kesempatan beriktikaf ini dengan sebaik–sebaiknya, juga tercetus harapan semoga di tahun–tahun berikutnya Itikaf for Muslimah bisa menjadi program tahunan IKADS. Iktikaf for Muslimah berakhir pada hari Ahad, 01 Mei 2022 pukul 10.00 WIB dengan penutupan dari Ustadz Muqorrobin selaku pembimbing dan penasehat IKADS.

Dipilihnya program Itikaf for Muslimah ini bermula dari beberapa teman yang menginginkan beriktikaf tetapi tidak bisa karena minimnya masjid–masjid yang menyelenggarakan iktikaf khusus akhwat. Selain itu, juga demi meneruskan estafet iktikaf Muslimah yang dahulu pernah dicanangkan oleh Pondok DSPI dan sempat berhenti karena beberapa faktor.

Selama 10 hari tersebut acara berjalan dengan khidmat dan lancar, juga penuh antusias dari para peserta. Memang program yang digulirkan selama iktikaf tidak begitu banyak. Diantara susunan acara yang dijadwalkan oleh panitia yaitu; sahur bersama, kajian Dhuha, kajian menjelang berbuka, buka puasa bersama, ramah tamah, dan shalat Tarawih berjamaah. Adapun selebihnya adalah amalan fardhiyah (yang dilakukan sendiri-sendiri). Sengaja dengan konsep yang sederhana seperti itu dengan tujuan agar peserta iktikaf benar–benar memanfaatkan waktu, memaksimalkan, dan memperbanyak amalan fardhiyah serta memperbanyak waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Alhamdulillah, meski sederhana ternyata banyak dari peserta yang memberikan pesan dan kesan positif bahkan menginginkan untuk diadakan pada tahun berikutnya. Setelah 10 hari bersama, terjalin pula ukhuwah yang penuh kehangatan diantara peserta maupun panitia, bahkan sudah terasa seperti saudara sendiri. Berbeda lagi dengan alumni, peribahasa ‘sambil menyelam minum air’ agaknya bisa mewakili kondisi saat iktikaf. Sebab, selain beribadah mereka juga menggunakan kesempatan itu untuk ajang reuni.

Itikaf for Muslimah 1443 H di Masjid Ummul Mu’minin Pondok Darusy Syahadah Putri
Foto Dok. Penutupan Acara Itikaf for Muslimah

Berikut beberapa kesan dan pesan peserta iktikaf selama kurang lebih 10 hari menjalankannya,

“Tentu suatu hal yang sangat menyenangkan dan harus disyukuri karena Allah menakdirkan saya bisa itikaf serta menghabiskan hari-hari terakhir bulan Ramadhan di pondok Darusy Syahadah setelah 7  tahun saya lulus dari sana. Saya kira, saya akan merasa canggung karena tidak kenal siapa pun lagi di sana selain ustadzahnya. Namun ternyata tidak demikian. Panitianya supel dan peserta itikafnya begitu ramah kepada siapa pun.  

Jazakumullah khairan kepada panitia yang telah mengadakan kajian yang membuat saya belajar kembali dan memperbaiki niat serta tujuan saya yang mungkin selama ini mulai terkikis secara sadar maupun tidak sadar. Semoga ke depannya, acara seperti ini bisa diadakan lagi dan semoga saya bisa mengikutinya kembali. Untuk ustadz, ustadzah, dan panitia semoga Allah menjaga serta merahmati antum semua dan selalu dilindungi. Amin. (Aqilah Yusbak, Bekasi, Ustadzah Rumah Qur’an Bunda Aisyah Bekasi)

“Qadarullah, sejak kemarin ada yang harus pulang duluan dari pesantren. Termasuk hari ini, di pertengahan bulan Ramadhan sangat terasa sekali semakin berkurangnya santri. Tetap semangat ya kalian yang masih di sana. Istiqamah sampai akhir dikarenakan banyak yang dari luar kota juga. Semoga ada sempat bersua lagi nanti, jazakumullah khairan untuk kebersamaannya. Alhamdulillah, bagiku Ramadhan kali ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu yang patut untuk disyukuri adalah Allah mempertemukan dan mengumpulkan kita yang bahkan terdiri dari berbagai jenjang usia (4,5-62 tahun). Selepas Ramadhan ini semoga semangatnya tetap terjaga, semakin siap berproses menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik dari sebelumnya, senantiasa menjaga hubungan dengan Allah dan juga hubungan dengan sesama manusia. Jazakumullah khairan juga untuk panitia dan teman-teman IKADS putri yang telah menyediakan diri untuk membersamai kami, lelahnya lillah insyaAllah. Barakallahufikum.” (Desy Purnama Sari, Palembang, Mahasiswa tingkat akhir)

Terakhir, kami selaku panitia Itikaf for Muslimah mengucapkan jazakumullah khairan kepada Pondok Pesantren Darusy Syahadah khususnya dan secara umum kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi memberikan dukungan penuh kepada kami sehingga acara Itikaf for Muslimah bisa berjalan dengan lancar dan juga terhitung sukses.

(Ditulis oleh Kurriyah)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami